Tren Airbrush Helm Naik Lagi, Modifikator Helm Ini Dapat Pesanan dari Luar Negeri

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Rabu, 04 Agu 2021 17:01 WIB
Modifikasi Airbrush helm
Salah satu helm karya RJ Paintwork Foto: Istimewa/RJ Paintwork
Jakarta -

Modifikasi helm dengan cara airbrush memang sudah menjadi tren sejak lama. Namun, baru-baru ini sedang ramai lagi menjadi tren bagi para pecinta roda dua khususnya helmet lovers.

Salah satu modifikator atau bengkel modifikasi helm Rukun Jaya Paintwork asal Kota Pati, Jawa Tengah, merasakan animo yang meningkat. Sampai-sampai, bengkelnya menerima pesanan dari Taiwan.

"Awalnya customer saya dari kalangan temen temen saya sendiri, kemudian hasilnya saya posting di Instagram dan Facebook. Ternyata respon dari temen-temen sangat baik dan mulai banyak yang berminat," papar Mohammad Nur Fajri, pemilik Rukun Jaya Paintwork (RJ Paint Work) kepada detikOto.

"Sampai suatu saat saya iseng nyoba nawarin ke salah seorang Motovloger, Kenna Prasetya. Ternyata dia mau, dan kebetulan dia sudah punya desain helmnya sendiri yang didesain oleh Margoudee Project," lanjut pria yang akrab disapa Paijo ini.

Sebelum menggeluti bisnis ini, Fajri sebelumnya merupakan karyawan di salah satu pabrik di kota Serang, Banten. Namun per Desember 2017 ia memilih untuk meninggalkan pekerjaannya dan mulai serius di dunia airbrush dan modifikasi helm ini.

"Setelah itu saya mulai belajar mendesain helm sendiri. Dengan skill pas-pasan dan cuma bermodal aplikasi desain di hp," papar Fajri.

Modifikasi Airbrush helmPebalap Ahmad Yudhistira menggunakan helm karya RJ Paintwork Foto: Istimewa/RJ Paintwork

RJ Painwork yang mulai terkenal dengan hasil airbrush yang rapi dan desain yang ciamik, ternyata dilirik oleh pebalap Asia Road Racing kelas Supersport 600 cc asal tim Manual Tech KYT Kawasaki Racing, Ahmad Yudhistira.

Lalu Fajri memilih untuk menguatkan brand yang sudah ia miliki dan mulai bergerilya di sosial media untuk marketing yang lebih luas. Ternyata, strategi ini berjalan sempurna dan kini RJ Paintwork punya lebih dari 3 ribu pengikut di Instagram.

[Gambas:Instagram]

Saya mencoba menawarkan salah satu hasil desain saya pertama kali dengan sistem Limited Pre Order di Instagram dan grup Facebook. Di luar dugaan, karena nggak berharap lebih, ternyata animo dari followers di instagram bagus banget, saya buka pre order 5 slot dan langsung full dalam 9 jam," papar Fajri.

Belum lama ini, RJ Paintwork sedang membuka kembali pre order kedua untuk helm yang basiknya dari KYT TT Course dan dengan desain 'jejepangan' yang Fajri sebut dengan 'Barbatos Lupus Rex'.

"Kalau ini sih desainnya yang sedang ramai di anak sunmori sekarang yah. Sudah ada beberapa yang order dari 20 pcs yang kami buka. Salah satunya dipesan dari Taiwan sana," papar Fajri.

Bahkan, dari pantauan detikOto di unggahan pre order helm karya RJ Paintwork ini, ada beberapa akun yang nampaknya dari Australia dan Brunei Darussalam.

"Apakah kamu membuka pengiriman ke Australia?," tulis akun @japinc_ dalam bahasa Inggris.

"Kirim ke Brunei?," tulis akun @pingz7 dalam bahasa Inggris.

Saat ini, Fajri masih mengerjakan seluruh alur kerja di RJ Paintwork seorang diri. Namun, menurutnya dalam waktu dekat ia akan merekrut pekerja untuk membantu produksi helm modifikasi karya RJ Paintwork.



Simak Video "Bosan Sama Tampilan Helm? Segini Harga-Hasil Modifikasi Repaint Helm"
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/mhg)