Modifikasi Yamaha MT-15 Gaya Hyper Naked, Habis Biaya Rp 30 Jutaan

Luthfi Anshori - detikOto
Senin, 19 Jul 2021 11:18 WIB
Modifikasi Yamaha MT-15 gaya hyper naked
Foto: Yamaha DDS Jambi. Modifikasi Yamaha MT-15 gaya hyper naked.
Jakarta -

Tren modifikasi motor menjadi hal yang tidak lekang oleh waktu. Banyak gaya modifikasi yang dipilih oleh pemilik sepeda motor di Indonesia sesuai selera masing-masing. Dari perubahan total hingga modifikasi minimalis.

Contohnya seperti dilakukan Lius, salah satu pemilik MT-15 asal Jambi. Berbekal Yamaha MT-15, Lius merombak motor kesayangan dengan tema hyper naked, imajinasi ini langsung muncul saat melihat karakteristik MT Series yang sangar dan agresif.

Tidak banyak mengubah tampilan yang ada, Lius menambahkan beberapa part modifikasi untuk sektor kaki-kaki dan swing arm yang lebar untuk tujuan mengakomodasi ban MT-15 yang pakai profil lebih lebar dari ban ukuran standar.

"Dari bentuk awal MT-15 sudah kekar untuk itu tidak banyak modifikasi hanya tambahan pada beberapa aspek untuk terlihat lebih sangar," jelas Lius, dalam keterangan resminya.

Dijelaskan Lius, dalam memodifikasi MT-15 hal yang selalu diperhatikannya adalah tidak mengurangi fungsi awal dari kendaraan, sehingga bisa motor ini masih nyaman digunakan untuk kendaraan sehari-hari.

Untuk memodifikasi MT-15 miliknya, laki - laki kelahiran 11 Desember 1986 ini butuh waktu tujuh bulan dengan budget yang tidak sedikit karena aksesoris yang dipakai pastinya dengan kualitas yang sangat baik.

"Untuk budget kisaran Rp 30 jutaan, tetapi dengan hasil yang sangat memuaskan," tambah Lius.

Di atas kertas, Yamaha MT-15 memakai mesin berkapasitas 155cc 4-katup dengan 6-percepatan bertenaga 14,2 kW/ 10.000 rpm dan torsi 14,7 Nm/ 8.500 rpm.

Dapur pacu MT-15 dilengkapi liquid cooled serta Variable Valve Actuation (VVA). MT-15 juga menggunakan fitur assist yang membuat kopling menjadi ringan serta slipper clutch guna memperhalus proses perpindahan gigi. Sedangkan teknologi DiAsil cylinder dan forged piston diklaim membuat mesin motor menjadi tiga kali lebih awet, kuat, dan ringan.

(lua/rgr)