Bikin Pangling! Modifikasi Motor Yamaha XMAX 250 ala Moge Cafe Racer

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Minggu, 18 Jul 2021 13:11 WIB
Modifikasi Yamaha XMAX 250 Cafe Racer by Rainbow Moto Builder
Yamaha XMAX 250 Cafe Racer hasil karya rumah modifikasi Rainbow Moto Builder Foto: Muhammad Hafizh Gemilang
Jakarta -

Yamaha XMAX 250 sejatinya hadir sebagai motor matic bongsor yang bergaya layaknya maxi scooter. Namun apa jadinya kalau XMAX dimodifikasi bergaya moge cafe racer dan menggunakan model tangki bensin di atas seperti motor sport?

Rainbow Moto Bulilder, rumah modifikasi asal Kota Sukabumi, merealisasikan modifikasi 'radikal' dari Yamaha XMAX ini.

Modifikasi Yamaha XMAX 250 Cafe Racer by Rainbow Moto BuilderTampilan depan Yamaha XMAX 250 Cafe Racer by Rainbow Moto Builder Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

"Konsumen yang memesan motor ini ingin motor kustom bergaya moge cafe race tapi nggak mau motor kopling," papar Adega Anggayasta pemilik dari Rainbow Moto Builder kepada detikOto.

Berdasarkan keinginan konsumennya ini, Adega memilih Yamaha XMAX lansiran 2018 sebagai motor bahannya.

Yamaha XMAX 250 dipreteli total oleh Rainbow Motor Builder hingga menyisakan beberapa part seperti mesin, rangka utama bagian depan, engine mounting, pelek, hingga bagian rumah kunci.

Tentu hal yang langsung menarik perhatian dari motor ini adalah pemilihan tangki bensin yang digeser ke atas. Tangki Yamaha XMAX yang asli, posisinya ada di bawah dek, persis seperti konstruksi di Yamaha NMAX.

Modifikasi Yamaha XMAX 250 Cafe Racer by Rainbow Moto BuilderTangki bensin Yamaha XMAX 250 Cafe Racer Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

"Tangki kami pakai punya Honda (New) Megapro. Jadi dari tangki aslinya cuma kami tuka aja, posisi pelampung dan lain-lain masih sama," papar Dega.

Ketika mempreteli Yamaha XMAX ini, Dega mendapati printilan kelistrikan serta beragam sensor yang rumit. Sehingga, Dega memilih untuk tidak banyak mengoprek bagian tersebut dan mencoba untuk tidak merubah posisi sensor yang vital.

"Kaki-kaki belakang sih nggak banyak yang diubah. Kita paling ganti sok breaker belakang pakai Kayaba dan bentuknya jadi agak rebah aja," papar Dega.

Bagian CVT yang besar, memang jadi tantangan ketika hendak memodifikasi motor matic. Dega memilih untuk tidak mengutak-atik bagian ini dan hanya mencopot bagian box filter CVT agar tampak lebih compact.

Modifikasi Yamaha XMAX 250 Cafe Racer by Rainbow Moto BuilderRangka utama Yamaha XMAX 250 masih dipertahankan di motor matic Cafe Racer Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

"Untuk bagian rangka, dari bagian tengah ke belakang kami bikin baru. Lalu bagian engine mounting juga kami pasangkan di rangka baru ini," papar pria yang akrab disapa Dega ini.

Kaki-kaki bagian depan motor ini tampil sangat berotot dan mencolok. Penggunaan sok upside down merek Nui Racing berkelir emas ini, selain membuat redaman motor jadi lebih baik, juga tampak matching secara tampilan.

Lalu untuk bagian kemudi, Dega menggunakan setang clip on dari Nui Racing. Sementara untuk printilan setang seperti handle rem, master rem dan hand grip pakai part dari RCB.

Jati diri Yamaha XMAX ini sebisa mungkin tetap dipasangkan oleh Dega ke motor matic yang kini tampil bak moge cafe racer. Selain dari bagian CVT, kalau jeli melihat bagian rumah kuncinya pasti akan sadar ini adalah Yamaha XMAX.

Modifikasi Yamaha XMAX 250 Cafe Racer by Rainbow Moto BuilderLampu utama Yamaha XMAX 250 modifikasi ini menggunakan model daymaker LED Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

Untuk modifikasi Yamaha XMAX 250 bergaya moge cafe racer ini, Dega membanderol biaya modifikasi seharga Rp 40 Jutaan. Tentu harga modifikasi motor matic ini bukan harga tetap, karena tiap konsumen memiliki permintaan khusus atau part yang berbeda-beda harganya.

Spesifikasi Modifikasi Yamaha XMAX 250 2018

Modifikator: Rainbow Moto Builder
Ban Depan: Dunlop Scoot Smart 120/70-15
Ban Belakang: Pirelli Diablo Rosso Scooter 150/70-14
Sok Depan: USD Nui Racing
Sok Belakang: Kayaba Zeto
Headlamp: LED Daymaker
Jok: custom
Tangki: Honda New Mega pro mono
Setang: Clip-onn Nui Racing
Handgrip: RCB
Spion: Aftermarket Bar End
Knalpot: Rainbow Exhaust stainless steel
Speedometer: aftermarket
Master Rem: RCB
Selang Rem: TDR braided
Bodywork: Plat Galvanis



Simak Video "Berubah Total! Intip Modifikasi Yamaha Xmax 250 Jadi Cafe Racer"
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/rgr)