Asyik! PPnBM 0% Berlaku Hari Ini, Diskon Mobil Baru Sampai Puluhan Juta

Tim Detikcom - detikOto
Senin, 01 Mar 2021 06:06 WIB
Angka penjualan mobil di Indonesia turun drastis gegara pandemi COVID-19. Era new normal diharapkan dapat kembali membuat penjualan mobil di Indonesia bergeliat
Relaksasi PPnBM mulai berlaku hari ini. Potongan harga mobil bisa mencapai puluhan juta rupiah. Asyiik... (Pradita Utama/detikcom)
Jakarta -

Hari ini, 1 Maret 2021, pemerintah resmi memberlakukan relaksasi PPnBM untuk mobil baru. Itu artinya, ada potongan harga yang besarnya bisa sampai puluhan juta rupiah buat konsumen yang membeli mobil anyar. Tertarik beli?

Pemberian keringanan PPnBM sebesar 100% tertuang dalam Keputusan Menteri Perindustrian Nomor 169 Tahun 2021 tentang Kendaraan Bermotor Dengan Pajak Penjualan Atas Barang Mewah Atas Penyerahan Barang Kena Pajak Yang Tergolong Mewah Ditanggung Oleh Pemerintah Pada Tahun 2021. Surat tersebut tertanggal 26 Februari 2021.

Dalam peraturan itu disebutkan kalau PPnBM mobil akan ditanggung pemerintah.

Sementara syarat mobil untuk mendapatkan kebebasan PPnBM adalah sebagai berikut:

1. Harus memenuhi kandungan komponen lokal alias TKDN (tingkat komponen dalam negeri) minimal sebesar 70%.

2. Mobil dengan kubikasi mesin kurang dari 1.500 cc berpenggerak dua roda atau 4x2.

3. Sedan dengan kapasitas mesin di bawah 1.500 cc.

Angka penjualan mobil di Indonesia turun drastis gegara pandemi COVID-19. Era new normal diharapkan dapat kembali membuat penjualan mobil di Indonesia bergeliatHarga mobil bisa didiskon sampai puluhan juta karena relaksasi PPnBM Foto: Pradita Utama

Untuk diketahui, pemberian insentif PPnBM ini terbagi dalam tiga periode. Masing-masing periode, yang terdiri dari 3 bulan, memiliki jumlah potongan PPnBM yang berbeda.

Tahap pertama akan diberikan insentif PPnBM sebesar 100% dari tarif atau PPnBM 0 persen. Periode ini jadi yang paling menguntungkan karena jumlah potongan harganya paling besar.

Kemudian diikuti insentif PPnBM sebesar 50% dari tarif yang akan diberikan pada tahap kedua. Dan pada tahap ketiga pemerintah berikan insentif PPnBM 25% dari tarif.

Kebijakan relaksasi PPnBM ini diharapkan efektif untuk menggerakkan roda perekonomian di sektor industri otomotif. Akibat pandemi, penjualan mobil di Indonesia jatuh ke level sangat rendah pada 2020.

Meski pada akhir tahun tersebut pasar sepertinya mulai menggeliat, kenyataannya di awal 2021 ini penjualan mobil malah turun. Total penjualan di Januari 2021 lebih rendah dari Desember 2020.

PPnBM Bikin Mobil Turun Harga Puluhan Juta

Peluang penjualan mobil mengalami kenaikan memang terbuka lebar seiring diberlakukannya relaksasi PPnBM. Mobil-mobil yang masuk daftar dapat relaksasi PPnBM mendapat potongan hingga puluhan juta rupiah.

MPV Sienta, misalnya, ada dealer yang menawarkan potongan harga hingga sebesar 37 juta.

"(Ada dealer nawarin) New Sienta V manual harga OTR DKI Rp 276.850.000, terus kena potongan Rp 37 juta (estimasi diskon dan penurunan harga karena PPnBM 0%), harganya jadi Rp 239.850.000. Jadi diskon dealer-nya Rp 15 juta dan penurunan harga karena PPnBM 0%-nya Rp 22 juta," kata sumber detikOto, yang enggan disebut namanya.

Merek lain yang termasuk dalam 21 daftar mobil penerima relaksasi PPNBM juga dapat potongan harga menggiurkan. Salah seorang sumber detikOto di dealer Auto2000 menyebut Toyota Avanza bisa turun harga 13 sampai 16 juta.

Lalu Toyota Rush kena korting 18-19 juta. Adapun Yaris turun harga antara 18-21 juta. Yang paling besar penurunan harganya adalah Toyota Vios yang terpangkas Rp 60-65 juta.

Jadi, mobil mana yang bakal Anda beli?



Simak Video "Diskon PPnBM 100% Diperpanjang, Segini Diskon Mobil Honda"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)