Diskon Pajak Mobil Baru Berlaku Maret, Konsumen Harus Antre di Dealer

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Minggu, 28 Feb 2021 11:45 WIB
Angka penjualan mobil di Indonesia turun drastis gegara pandemi COVID-19. Era new normal diharapkan dapat kembali membuat penjualan mobil di Indonesia bergeliat
Konsumen mulai banyak yang pesan mobil baru menyusul regulasi diskon pajak mobil. Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Pemberlakuan relaksasi diskon pajak mobil baru telah diresmikan oleh Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati. Dengan adanya diskon pajak, Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) dibebaskan hingga 100 persen selama tiga bulan awal.

Ini membuat harga mobil baru lebih mudah. Hal itu juga akan menarik para konsumen untuk membeli mobil yang telah mendapatkan diskon PPnBM.

detikOto coba menghubungi beberapa dealer di Jakarta untuk mengetahui jumlah konsumen yang mulai melakukan pemesanan mobil. Saat menghubungi salah satu staf penjualan Daihatsu di Jakarta. Saat ditanya mengenai adanya konsumen yang sudah memesan unit mobil untuk bulan Maret, staf penjualan di sana mengiyakan hal tersebut.

"Jelas sudah ada dan banyak yang pesan unit mobil yang mendapatkan diskon pajak PPnBM ini, terutama Terios yang banyak juga dipesan," ungkapnya saat dihubungi.

Namun dia menjelaskan, bagi konsumen yang ingin memesan unit mobil dengan mendapat diskon pajak, sebaiknya untuk memesan dari sekarang terlebih dahulu.

"Nah tapi untuk konsumen yang ingin memesan harus masuk list antrean dulu, karena mengantre dan nggak bisa tiba-tiba datang ke dealer dan langsung dapat unitnya. Tergantung supply unit juga yang dikirimkan ke kita, karena kan konsumen juga memilih mau mobil dengan warna apa, pakai transmisi otomatis atau manual," sambungnya.

detikOto juga mencoba menghubungi salah satu dealer di dealer Suzuki, dirinya mengatakan banyak konsumen yang mulai memesan unit mobil dengan mendapatkan diskon pajak tersebut.

"Lumayan banyak sih untuk bulan Maret ini, terutama yang ingin memesan mobil dengan adanya diskon pajak PPnBM ini," ujarnya saat ditanya.

Sementara saat menghubungi salah satu dealer Mitsubishi di Jakarta, staf penjualan di sana mengungkapkan sudah ada konsumen yang memesan unit mobil untuk bulan depan, tapi tidak begitu banyak.

"Kalau untuk bulan depan sudah ada tapi belum begitu banyak ya, di akhir bulan ini pun masih banyak juga yang udah mulai memesan mobil. Soalnya PPnBM yang mendapat diskon pajak 100 persen kan hanya tiga bulan awal, jadi akhirnya ada konsumen yang membeli dari sekarang aja," tuturnya.



Simak Video "KuTips: Cara Cermat Berburu Mobil Baru saat Diskon PPnBM"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lua)