Mas Wahid Luncurkan Armada Bus Kedua, Intip Wujud Mewahnya

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Minggu, 21 Feb 2021 09:56 WIB
Bus Mas Wahid
Bus kedua yang diluncurkan Mas Wahid Foto: Ilham Satria Fikriansyah
Bogor -

Youtuber asal Semarang, Mas Wahid, merilis armada kedua dari bus pariwisatanya. Bus tersebut ia luncurkan pada Kamis (18/02/2021) di Karoseri AMST Klapanunggal, Bogor, Jawa Barat.

Tim detikOto mendatangi langsung lokasi peluncuran bus kedua yang dimiliki oleh Mas Wahid, yang dilakukan di Karoseri AMST. Sesampainya di lokasi kami langsung melihat kehadiran bus yang sedang terparkir di garasi. Bus tersebut telah siap, tinggal melakukan sedikit sentuhan akhir dengan memasukan sejumlah kursi.

Mas Wahid pun terlihat ikut memantau pekerjaan akhir dari bus tersebut. Sesekali ia berbincang dengan para kru serta para penggemar bus yang sedari siang sudah tiba untuk melihat bus milik Youtuber itu.

Sama seperti bus pertamanya yang merupakan armada bus bekas, bus kedua ini juga hasil rombakannya sendiri. Bus terbaru ini beli langsung dari PO (Perusahaan Otobus) Nusa Indah sekitar November 2020. Lalu bus itu dilakukan perombakan selama kurang lebih 2,5 bulan hingga tahap finishing pada Kamis (18/2).

"Ini efektif 2,5 bulan di sini, kalo dibelinya sejak November lalu. Tapi setengah bulan dari itu sempat berhenti karena tunggu duit untuk dibawa ke sini. Nah ini dibelinya dari PO Nusa Indah, dibeli dari awal basicnya sudah bus tentrem scorpion king," kata Wahid saat ditanya.

Mas Wahid mengungkapkan bahwa bus keduanya ini menggunakan sasis Mercedes-Benz OH1626 yang sudah dilengkapi dengan Air Suspension agar memberikan kenyamanan saat berkendara di jalan.

"Bus ini menggunakan mesin Mercedes-Benz OH1626 di mesin belakang dan sudah dilengkapi Air Suspension," ujarnya.

Mas Wahid juga melakukan uji coba terhadap bis tersebut terkait peforma di atas aspal. Hasilnya bis dapat melaju hingga kecepatan 110 km/jam dan menghasilkan tenaga hingga 260 hp. Bis ini juga menggunakan transmisi manual enam percepatan.

"Kecepatan maksimalnya saya pernah coba mencapai 110 km/jam, di atas itu kalau rpm nya sudah menyentuh red line nanti bunyi. Bus ini menggunakan enam gigi manual, lalu tenaga kudanya paling tinggi 260 hp," ungkap Mas Wahid.

Bus kedua ini memiliki jumlah kursi yang berbeda dari bus pertama yang dibuat. Kali ini dia menggunakan konfigurasi 2-2 dengan jumlah 48 kursi. Serta terdapat juga dua kursi cadangan yang tersedia.

"Kalau dulu (bus pertama) konfigurasi 2-2 dengan jumlah 44 seat karena ada toilet. Sekarang toiletnya saya buang karena kebutuhan wisata, karena bisa saja sewaktu-waktu melipir ke rest area kan kalo ke toilet. Sehingga sekarang saya perbanyak jumlah kapasitas. Saya pesen 52 seat, cuman nanti yang terinstal (dipasang) kemungkinan hanya 50 seat. Dua nya lagi buat cadangan," ungkap Youtuber tersebut.

Tetapi bila ada seseorang yang ingin menyewa bus dengan kapasitas lebih banyak, Mas Wahid bersedia untuk menambah jumlah kapasitas kursi yang ada di dalam bis nya.

"Atau kalau memang menungkinkan nanti kita tambah jadi 52 semisal ada yang sewa dan butuhnya 52 seat, dan paling maksimal itu pokoknya ada di 52 kursi dengan konfigurasi 2-2," lanjutnya.

Bus ini juga menggunakan kursi jok edisi terbaru dengan bagian sisi samping headrest sedikit melengkung lebih luas. Hal ini agar memberikan kenyamanan bagi para penumpang untuk bisa beristirahat tanpa merasakan sakit leher.

Bus Mas WahidInterior Bus Mas Wahid Foto: Ilham Satria Fikriansyah

"Untuk seat-nya kita menggunakan produk Rimba Kencana dari Malang. Sebelumnya untuk bus pertama saya pakai Rimba Kencana juga, tapi desainnya masih yang lama sebelum ini. Jadi sudah desain terbaru dengan headrest lebih lebar. Kalau yang lama juga sudah ada tapi belum selebar yang baru ini," ucapnya.

Tentu bis kedua Mas Wahid ini dilakukan perubahan, dirinya mengatakan ada beberapa komponen yang diubah seperti body bis yang diperbarui, serta beberapa interior kelas premium di dalamnya seperti Wifi, TV, AC hingga tersedia kursi leg rest.

"Yang diubah tentu saja dari body bus ya, kita dari scorpion king diubah menjadi Jet Bus 3+ Voyager, kemudian spek nya saya namakan menjadi spek Mas Wahid. Jadi detailnya itu dapat karena bus ini bisa mengangkut sekelas Menteri hingga anak-anak SD dan SMP yang ingin tur wisata."

Bus Mas WahidMesin Bus Mas Wahid Foto: Ilham Satria Fikriansyah

"Kemudian ada down light di tangga, lampu welcome light juga ada. Jadi detail-detail itu benar-benar saya perhatikan, soalnya kalo interior tidak diperhatikan nanti tidak mengeluarkan kesan premium. Bis ini juga memiliki warna yang sama pada interior dan eksteriornya."

"Fasilitasnya juga nanti ada wifi, tv, charging port, ac dan kita juga siapkan kursi leg rest. Tapi kalo kursi leg rest maksimal hanya 30 kursi saja, nanti konfigurasi 2-3 juga bisa siapkan dengan jumlah kapasitas 60 seat," ungkap Mas Wahid.

Mas Wahid pun mengatakan bus keduanya ini sudah siap diluncurkan. Bahkan dia mengungkapkan, dua hari setelah dirilis bus ini sudah dipesan dan siap untuk mengantar penumpang.

"Luncurinnya hari ini yang jelas, dan Alhamdulillah-nya hari ini kan tanggal 18 ya, nanti di tanggal 20 sudah ada yang menerima orderan. Karena saya sudah siapkan tim marketing ada sendiri, driver dan kru kabin sudah ada dalam sepaket, teknisinya juga sudah ada," tuturnya.



Simak Video " Pemerintah Larang Mudik, Awak Bus Ngeluh Akan Merugi"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)