Motuba Kijang Jadi Incaran Maling, Dijual 'Bodong' Cuma Rp 7 Juta Per Unit

Ridwan Arifin - detikOto
Jumat, 22 Jan 2021 16:31 WIB
Indra Yoga mengubah Toyota Kijang Super lansiran 1989 menjadi lebih muda
Ilustrasi Kijang Super Foto: Khairul Imam Ghozali
Jepara -

Motuba Toyota Kijang --panggilan terhadap mobil sudah berumur, ternyata jadi incaran maling. Mobil 'bodong' atau tanpa surat itu bahkan dijual lebih murah dari motor-motor matik bekas.

Dikutip Antara, Jumat (22/1/2021) Kepolisian Resor Jepara, Jawa Tengah berhasil meringkus pencuri spesialis motuba dengan wilayah sasaran lintas provinsi.

"Selain melakukan pencurian di Kabupaten Jepara dan Kudus, ternyata pelaku juga mencuri mobil kuno, terutama mobil Toyota Kijang antara tahun 1990 - 1995 di sejumlah daerah di Tanah Air," tutur Kapolres Jepara AKBP Aris Tri Yunarko saat menggelar jumpa pers di Mapolres Jepara, Kamis (21/1/2021).

Lebih lanjut AKBP Aris menjelaskan kedua pelaku melakukan aksinya di Kabupaten Demak, Grobogan, Pati, Tangerang, dan Jakarta, di mana total tempat kejadian perkara sebanyak 13 TKP.

Lima unit mobil Kijang hasil curian serta satu mobil Daihatsu Sigta yang digunakan pelaku untuk menjalankan aksinya juga ikut diamankan.

Kedua pelaku sama-sama berasal dari Kudus, Fathoni asal Kecamatan Mejobo dan Dwi Kristianto asal Kecamatan Jati. Spesialis pencuri mobil kijang ini mengatakan lebih mudah dilakukan karena hanya bermodalkan kunci letter "T".

Di sisi lain, mayoritas mobil hasil curiannya dijual dalam bentuk suku cadang guna menghindari pelacakan petugas. Sementara mobil yang dijual utuh ditawarkan dengan harga Rp 7 juta per unitnya.

"Ketika ada sasaran, maka salah satu pelaku yang akan melakukan eksekusi kemudian dibawa ke tempat aman untuk dijual," tutur Aris.

Tentang Toyota Kijang generasi tiga yang dicuri maling

Untuk diketahui, Toyota Kijang Generasi ketiga yang diluncurkan pada 1986 bisa dikatakan menjadi titik tolak perjalanan Toyota Kijang sebagai mobil keluarga Indonesia. Tak hanya hadir dengan bentuk yang lebih halus, Kijang yang dijuluki Super ini juga dilengkapi dengan teknologi full pressed body. Dikenal ada dua model yakni short wheelbase (KF40 series) dan long wheelbase (KF50 series), seri selanjutnya dikenal dengan Standard Kijang dan Super Kijang.

Toyota melalui sistem Full Pressed Body melahirkan beberapa model anyar lain mulai dari Kijang Rover, Kijang Jantan, dan Kijang Kencana.

Lalu berlanjut pada tahun 1997 di mana lahir Toyota Kijang generasi keempat dikenal dengan istilah Kijang Kapsul. Tampilannya semakin modern dengan perubahan besar pada bentuk wajah dan body yang lebih membulat.



Simak Video "Pemalakan-Cegat Mobil di Jalan Kerap Terjadi, Lakukan Ini untuk Antisipasi"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lth)