Cerita Wagub Jabar Pakai Motuba Kijang Doyok, Ditolak Parkir Tamu VVIP

Tim detikcom - detikOto
Rabu, 06 Jan 2021 17:25 WIB
Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum Dinas Pakai Toyota Kijang Doyok Jadul
Wagub Jabar Uu menggunakan motuba Kijang Doyok Foto: Bima Bagaskara/detikOto
Jakarta -

Tunggangan mobil Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum tergolong legendaris. Tak hanya itu, dengan motuba --julukan mobil berumur tua -- tersebut Uu pernah mengalami cerita unik ditolak parkir di tempat VVIP saat menjabat sebagai Bupati Tasikmalaya.

Ya, Toyota Kijang KF20 alias Kijang Doyok yang diproduksi tahun 1983 itu rupanya menjadi salah satu kendaraan favorit Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum untuk menjelajah Jawa Barat saat melakukan kunjungan kerja.

"Sering di saat ada acara saya datang ke tempat, tidak pakai apa-apa, tidak pakai yang lain, saat parkir 'pak punten ini untuk parkir mobil pak Bupati, bapak ke belakang', ya saya mundur saja ke belakang," kata dia seperti dilihat dalam video di akun instagram pribadinya @ruzhanul, Rabu (6/1/2020).

Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum Dinas Pakai Toyota Kijang Doyok JadulWagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum Dinas Pakai Toyota Kijang Doyok Jadul Foto: Bima Bagaskara/detikOto

Rupanya mobil buatan Jepang yang dikenal dengan sebutan Kijang Doyok itu memiliki kenangan tersendiri bagi Uu.

Kepada detikcom, Uu mengaku mobil tersebut merupakan mobil pertama milik kakeknya Almarhum KH. Choer Affandy, pendiri Pesantren Miftahul Huda, Manonjaya Tasikmalaya.

"Kijang kotak tahun 83 KF20. Kenapa saya punya mobil itu, karena punya sejarah yaitu kakek saya pertama punya mobil ya itu, pemberian dari Kemenag pada tahun 1983. Kemudian waktu masih SMP kelas 1 saya sering dibawa pakai mobil itu ke mana-mana dan saya bisa nyetir pakai mobil itu jadi ada kenangan sendiri," kata Uu saat menceritakan melalui sambungan telepon kepada detikcom beberapa waktu yang lalu.

Ia juga menjelaskan alasannya melakukan kunjungan kerja tidak menggunakan kendaraan dinas dan lebih memilih menggunakan Kijang Doyok itu.

Mobil Kijang Doyok milik Uu tidak banyak mengalami modifikasi. Uu menganggap mobil dengan mesin 4K 1.300cc itu sangat nyaman digunakan perjalanan jarak jauh meski merupakan mobil lawas.

Tidak hanya satu, Uu ternyata memiliki dua unit Kijang Doyok. Namun yang paling sering Ia gunakan ialah yang berwarna abu-abu seperti yang digunakan saat berkunjung ke Kabupaten Kuningan.

Menggunakan Kijang Doyok saat perjalanan dinas selain bentuk hobi terhadap dunia otomotif juga dijadikan Uu untuk mendekatkan diri dengan masyarakat.

Itu karena menurut pria kelahiran Tasikmalaya 10 Mei 1969 ini, banyak masyarakat yang segan ketika bertemu pejabat yang menggunakan kendaraan-kendaraan mewah. Terlebih saat didampingi dengan kendaraan patwal.

Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum Dinas Pakai Toyota Kijang Doyok JadulWagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum Dinas Pakai Toyota Kijang Doyok Jadul Foto: Bima Bagaskara/detikOto

Itulah sebabnya Uu sering menggunakan Kijang Doyok saat berkunjung ke daerah juga tanpa diiringi dengan pengawalan patwal yang ketat.

"Saya ingin masyarakat tidak segan bertemu menyapa kami kalau ke daerah. Kalau pakai mobil mewah dan ada patwal itu masyarakat salaman agak segan. Bukan berarti kami melanggar protap Wagub, kami cuma ingin lebih dekat dengan masyarakat," pungkasnya.



Simak Video "Canggih! 2025, Jepang Melegalkan Penggunaan Mobil Terbang untuk Umum"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)