Komparasi Honda Air Blade 150 vs Yamaha Aerox 155, Pilih Mana?

Luthfi Anshori - detikOto
Selasa, 01 Des 2020 06:08 WIB
Honda Air Blade 150 dan Yamaha Aerox 155
Honda Air Blade dan Yamaha Aerox 155. Foto: Istimewa
Jakarta -

Pasar skutik 150 cc di Vietnam makin sengit setelah Yamaha Aerox 155 Connected (New NVX 155 VVA) dirilis. Tak mau ketinggalan dengan kompetitornya, Honda pun memperkenalkan facelift Honda Air Blade 150. Seperti apa perbandingan kedua skutik berkarakter sporty ini?

Desain

Yamaha Aerox 155 Connected punya bentuk sporty dengan ciri khas desain X-shape yang menegaskan konsep ccrossover antara supersport dan skuter. Skutik ini juga dibekali lampu LED di depan dan belakang, serta didukung DRL (Daytime Running Light) LED. Desain jok dibuat bertingkat dengan behel yang menyatu bagian bodi, sehingga kesannya lebih 'bersih'.

Honda Air BladeHonda Air Blade 150 Foto: Motosaigon

Sementara Honda Air Blade 150 memiliki desain fascia yang agresif dan mengotak mirip motor bebek Winner X. Honda Air Blade juga sudah dilengkapi lampu-lampu full LED, dan DRL. Sedangkan model jok dan behel belakang, mirip dengan skutik kebanyakan.

Fitur

Y-Connect menjadi fitur andalan di Aerox 155 terbaru, Fitur ini mampu menghubungkan smartphone pengendara dengan sepada motor melalui Bluetooth.

Selain dapat terkoneksi dengan Smartphone, motor ini juga mempunyai Smart Key System (khusus tipe ABS), Electric Power Socket, dan Anti-lock Braking System (ABS). Ada pula Handle Bar Switch Control untuk mengatur berbagai informasi yang ada di panel instrumen digitalnya.

Yamaha Aerox 155 ConnectedYamaha Aerox 155 Connected Foto: Agung Pambudhy

Sementara Honda Air Blade juga mendapatkan kluster instrumen digital yang lebih informatif dan modern. Ubahan paling besar ada di sistem kontaknya, yang kini pakai sistem Honda SMART Key. Skutik ini juga punya fitur Anti-lock Braking System (ABS) single channel dan Combi Brake System (CBS).

Mesin

Dari aspek dapur pacu, Honda Air Blade 150 versi baru masih menggunakan mesin 150 cc, eSP, dengan saringan udara dan knalpot yang telah disesuaikan. Mesin tersebut bisa mengeluarkan tenaga maksimal lebih besar, yakni 12,9 dk pada 8.500 rpm. Namun diklaim tetap irit bahan bakar.

Tidak hanya dari sisi performa, Honda Air Blade baru juga mendapatkan update dari sisi tampilan. Pilihan warnanya kini semakin berani, dengan cat hitam doff, dengan sentuhan grafis warna gold. Ada juga pilihan warna merah yang lebih sporty.

Honda Air Blade 150 dan Yamaha Aerox 155Honda Air Blade 150 dan Yamaha Aerox 155 Foto: Istimewa

Sementara Yamaha Aerox 155 Connected menggendong mesin baru Blue Core 155cc, berpendingin cairan. Mesin dengan teknologi Variable Valve Actuation (VVA) itu diklaim memiliki torsi merata di setiap putaran mesin.

Mesin baru ini mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 15,1 dk pada 8.000 rpm dan torsi puncak 13,9 Nm di 6.500 rpm. Mesin ini juga dilengkapi dengan Smart Motor Generator (SMG), yang membuat suara mesin lebih halus saat di-starter.



Simak Video "All New Aerox 155, Matic Anyar Yamaha Ber-DNA Supersport"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)