Impresi All New Aerox 155 Connected: Dari Jalan Raya sampai ke Aspal Sirkuit

Ridwan Arifin - detikOto
Rabu, 11 Nov 2020 13:18 WIB
Test ride All New Aerox 155 Connected
Test ride All New Aerox 155 Connected Foto: Yamaha
Jakarta -

Yamaha All New Aerox 155 Connected resmi melenggang sejak seminggu yang lalu. Dan pada Selasa (10/11), Yamaha Motor Manufacturing Indonesia mengadakan sesi test ride untuk sejumlah media dan blogger.

Sesi test ride kali ini menguji dua jenis gaya berkendara yang berbeda. Etape pertama, peserta diajak berkendara eco riding menempuh jarak sekitar 48 km, dari Flagship Store Yamaha di Cempaka Putih, Jakarta hingga Sentul Karting International Circuit Bogor. Metode kedua, Yamaha memfasilitasi peserta untuk menggeber All New Aerox 155 Connected di Sirkuit Karting Internasional Sentul sebanyak 5 lap.

Motor dengan karakteristik bodi yang gagah dan aerodinamis ini punya sejumlah fitur yang menjadi keunggulan dari kompetitornya. Salah satunya dari segi power weight to ratio.Lalu seperti apa kesan detikOto usai mencoba All New Aerox 155 Connected tipe ABS? berikut ulasannya.

1. Desain

Motor ini mengusung desain skuter sporty. Kesan sporty bisa dilihat dari depan hingga belakang. Bagian depan dan belakang skuter ini menggunakan lampu LED.

Bodinya yang terlihat seperti skutik bongsor ini didukung dengan desain bergaris tajam. Ditambah lagi dengan desain joknya yang bertingkat antara tempat duduk rider dan penumpangnya sehingga menambah kesan sporty. Kesan sporty Aerox terbaru ini juga dipertahankan Yamaha lewat ciri khas motif 'X' di sisi samping.

Yamaha Aerox 155 ConnectedYamaha Aerox 155 Connected desain X masih tetap dipertahankan Foto: Agung Pambudhy

Terbaru, All New Aerox 155 Connected juga sudah dilengkapi oleh DRL (Daytime Running Light) yang menambah kesan futuristis.

Melongok instrument cluster full digital dengan layar LCD besar 5.8 inci. Layar LCD itu memberikan informasi lebih jelas dengan Multi Information Display (MID). Informasi yang disajikan antara lain VVA indicator, fuel meter, battery indicator, odometer, trip meter, average fuel consumption, real time consumption, digital clock. Terbaru dan unik, skutik ini memiliki tachometer atau pengukur putaran mesin (RPM) pada tampilan sisi kiri dan kanan.

Yamaha Aerox 155 ConnectedYamaha Aerox 155 Connected Foto: Agung Pambudhy

2. Fitur

Yamaha Aerox memiliki beragam fitur unggulan. Sama dengan generasi sebelumnya skutik ini dibekali dengan fitur Stop & Start System (SSS) yang berfungsi untuk mengurangi konsumsi bahan bakar yang tidak perlu pada saat motor sedang berhenti.

Saat detikOto mencoba SSS, terdapat dua mode yaitu mesin mati dalam 5 detik setelah berhenti dan mesin mati dalam 0 detik. Pertama, ketika tuas gas diputar halus, maka mesin akan mati setelah motor berhenti 5 detik. Yang kedua, ketika tuas gas dibetot dalam, maka ketika berhenti mesin langsung mati.

Selain SSS, skutik ini juga sudah didukung sistem Smart Motor Generator (SMG). Berkat sistem itu, suara motor menjadi lebih halus saat dinyalakan.

Aerox yang dicoba detikOto ini memiliki Smart Key System. Smart Key System menggunakan sistem kunci canggih tanpa anak kunci (Keyless). Fitur ini membuat berkendara semakin praktis dan aman karena disematkan fitur Immobilizer dan Answer Back System untuk memudahkan pengendara mencari posisi parkir motor.

Yamaha Aerox 155 ConnectedYamaha Aerox 155 Connected Foto: Agung Pambudhy

Aerox 155juga dilengkapi dengan sistem ABS (Anti-lock Brake System) di rem depan. ABS memaksimalkan kontrol pengereman sehingga berkendara semakin aman.

Ditambah lagi dengan Electric Power Socket. Fitur ini berguna untuk mengisi ulang baterai gadget Anda. Posisinya ada di bagian konsol di sebelah kiri.

Untuk bagasinya, skutik ini terbilang memiliki ruang simpan yang besar. Meski kapasitas bagasinya berkurang dari generasi sebelumnya, yakni hanya 24 liter namun masih bisa mengakomodir satu helm full face berukuran XL, jas hujan dan keperluan aktivitas pengendara lainnya.

Sementara itu, All New Aerox 155 Connected ini menghadirkan cakram depan model "Wave-Type Disc Brake" ukuran 230mm ditambah suspensi belakang sub-tanks type rear suspension berwarna emas.

All New Aerox 155 Connected telah memiliki fitur Y-Connect yang mampu menghubungkan smartphone pengendara dengan sepada motor melalui Bluetooth.

Dengan adanya fitur Communication Control Unit (CCU) ini pengendara dapat dengan mudah mendapatkan informasi terkait notifikasi telepon dan pesan masuk di dashboard motor, informasi konsumsi bahan bakar, informasi lokasi parkir terakhir saat terhubung dengan aplikasi, rekomendasi perawatan yang menunjukan kondisi aki dan oli, notifikasi malfungsi sampai dengan fitur Revs Dashboard yang menarik bagi pengguna.

Selain itu, aplikasi Y-Connect juga memiliki fitur Rank yang menghibur bagi konsumen dalam menikmati aktivitas berkendaranya, karena mereka dapat saling berkompetisi dengan sesama pengguna CCU model (motor Yamaha yang memiliki fitur Y-Connect) dalam hal jarak tempuh maupun poin eco riding. Bisa dibilang, fitur ini jadi keunggulan teknologi yang belum dimiliki oleh kompetitornya.

Pembaruan lain, Aerox terbaru ini punya kapasitas tangki 1 liter lebih banyak dari generasi sebelumnya. Saat ini All New Aerox 155 Connected punya kapasitas 5,5 liter.

All New Aerox 155 kini memiliki Handle Bar Switch Control yang berfungsi memudahkan anda memilih tampikan informasi dan pengaturan pada speedometer (tombol pengatur berada di handle sebelah kiri) serta Hazard Lamp sebagai tanda ketika pengendara dalam kondisi darurat.

(halaman berikutnya; posisi berkendara dan performa mesin)

Selanjutnya
Halaman
1 2 3