Selasa, 27 Mar 2018 14:15 WIB

BBM Standar Euro 4 Bisa Dibeli Mei 2018

Ruly Kurniawan - detikOto
BBM Standar Euro 4 Bisa Dibeli Mei 2018 Foto: Dok. Kementerian ESDM BBM Standar Euro 4 Bisa Dibeli Mei 2018 Foto: Dok. Kementerian ESDM
Bogor - Bahan Bakar Minyak (BBM) Indonesia bakal setara dengan Euro 4 dalam waktu dekat. Sesuai dengan permintaan pemerintah Republik Indonesia ini, PT Pertamina (Persero) pun akan memperkenalkan penggunaan bahan bakar berstandar Euro 4 yang lebih ramah lingkungan. Rencananya BBM Euro 4 ini sudah bisa didapatkan bersamaan dengan terselenggaranya Asian Games 2018 awal Agustus 2018.



Manager External Communication PT Pertamina (Persero) Arya Dwi Paramita menuturkan bahwa penggunaan BBM Euro 4 akan dilakukan bertahap. Untuk daerah Jabodetabek, Bandung, Palembang, Surabaya, Yogyakarta, hingga Bali direncanakan mulai diterapkan pada Mei 2018.

"Menjelang pelaksanaan Asian Games pada Agustus 2018 dan Pertemuan IMF pada Oktober 2018, pemerintah mensyaratkan penggunaan BBM setara Euro 4 mulai Mei 2018 di Jabodetabek, Palembang, Surabaya, Yogyakarta, Banyuwangi, Bali, Bandung, dan Labuan Bajo," ujar Arya di acara Obolan Ringan Otomotif Mitos & Fakta, Seputar BBM dan Pelumas, Bogor, kemarin (26/3/2018).



Sejalan dengan hal tersebut, pihak Pertamina pun mengembangkan kilangnya di Balikpapan, Balongan, dan Cilacap untuk bisa memproduksi BBM kelas tinggi. Kini, di kilang tersebut mampu memproduksi Pertamina Dex, Pertamax dan Pertamax Turbo.

Dalam lima tahun sampai tujuh tahun ke depan Pertamina bertekat untuk menghasilkan BBM berstandar Euro 5.



"Ini sesuai dengan Peraturan Menteri (Permen) KLHK No 20 tahun 2017. Lagipula sekarang Jakarta itu udaranya sudah dibawah WHO sehingga sudah seharusnya standar emisi kita ditingkatkan," ujar Arya (ruk/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed