Unik! Blok Mesin Land Rover Ini Dibersihkan Pakai Dry Ice

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Jumat, 23 Jul 2021 11:51 WIB
Metode pembersihan dry ice blasting ke Land Rover Defender
Ilustrasi pembersihan blok mesin dengan menggunakan metoder dry ice blasting Foto: Youtube/Ammo NYC
Jakarta -

Beragam cara dapat dilakukan untuk membersihkan mobil yang kotor. Namun terkadang, membersihkan mobil secara detail hingga ke bagian-bagian dalam, memiliki tantangan tersendiri.

Larry Kosilla pemilik dari bengkel perawatan mobil Ammo NYC, punya cara unik untuk merontokkan kotoran yang membandel di blok mesin Land Rover, yaitu dengan menggunakan es kering atau dry ice.

[Gambas:Youtube]

Metode dry ice blasting ini tergolong baru dan mulai populer di kalangan para pecinta detailing atau perawatan mobil di Amerika Serikat sana.

Dari konten yang diunggahnya ke kanal YouTube Ammo NYC pada Kamis (22/7/21) lalu, Larry menunjukkan cara dan hasil dari pembersihan blok mesin Land Rover Defender 110 lansiran 1991 yang dilakukannya dengan metode dry ice blasting.

Mulanya, Larry mencopot mesin dari Land Rover Defender 110 ini dan dipindahkan ke area pembersihan.

"Seperti yang kalian bisa lihat, ini hanya mesin normal dan standar yang dipenuhi oleh oli, gemuk dan kotoran yang membandel di sekitar head dan blok mesinnya," papar Larry.

Larry Kosilla bekerjasama dengan Eric Downing dari Nu Ice untuk mengerjakan proyek ini.

"Saya mau belajar banyak hal. Sehingga saya bekerja dengan Eric Downing untuk mengetahui yang sebenarnya dari metode ini. Apakah ini yang sesungguhnya dibutuhkan oleh detailer atau hanya baik untuk dimiliki." papar Larry.

Pembersihan dilakukan, pertama Larry dan Eric menggunakan kompresor angin dan mengeluarkan seluruh kotoran yang tidak menempel di area mesinnya.

"Metode dry ice blasting ini menariknya tidak meninggalkan residu, sehingga cocok untuk orang yang tidak ingin mesinnya di bongkar," papar Eric Downing.

Langkah berikutnya dari proyek ini adalah dengan menyiapkan seluruh peralatan. Larry dan Eric menggunakan mesin kompresor yang bisa mengeluarkan daya sebesar 150 psi.

Dari video ini, Larry dan Eric terlihat tidak menggunakan sabun atau cairan kimia khusus untuk membersihkan blok mesin yang kotor.

Mereka hanya menggunakan alat yang bisa menyemburkan dry ice dengan sangat kuat ke area yang hendak dibersihkan.

Terbukti, dry ice yang disemburkan dengan kuat ke area yang kotor dapat membersihkan dan menghilangkan noda yang sangat membandel sekalipun.

"Metode pembersihan dry ice blasting, ini benar-benar efektif dan jauh lebih cepat. Dan hitungan dari segi waktunya, jadi lebih irit," papar Larry.



Simak Video "Mengunakan Land Rover Menuju Sadengan, Playground Banteng Liar Alas Purwo"
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/din)