Kamis, 06 Agu 2020 09:31 WIB

Bikin Kinclong Lagi Jok Mobil yang Sudah Berumur, Begini Caranya

Luthfi Anshori - detikOto
Cara membersihkan jok mobil yang sudah berumur Cara membersihkan jok mobil yang sudah berumur. Foto: Detailworks MotoSpa
Jakarta -

Jok atau kursi adalah bagian penting pada mobil karena fungsinya menopang tubuh pengendara selama perjalanan. Seiring pemakaian, jok mobil bisa dihinggapi kotoran. Tak jarang jika kondisinya sudah cukup berumur, kotoran mulai menyerap cukup dalam ke pori, sehingga perlu cara khusus untuk membersihkan jok mobil.

Dijelaskan Stefanus Yoga dari Detailworks MotoSpa, Bintaro, Tangerang Selatan, membersihkan jok mobil yang sudah berumur bisa dilakukan sendiri di rumah asalkan alat-alatnya lengkap dan memadai.

"Yang perlu disiapkan adalah steamer (uap), bor, interior brush untuk mesin bor (soft), all purpose cleaner atau leather cleaner, water spray, microfiber, juga leather conditioner/protectant," kata Stefanus, melalui pesan singkat kepada detikOto, Rabu (5/8/2020).

Cara membersihkan jok mobil yang sudah berumurProses memberi uap ke jok mobil Foto: Detailworks MotoSpa


Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membuka pori-pori kulit jok dengan uap panas dari steamer. "Caranya balut ujung head steamer dengan microfiber, lalu gosok ke permukaan kulit yang ingin dibersihkan," terang Stefanus.

Lanjut Stefanus menjelaskan, setelah pori-pori pada jok terbuka, dalam keadaan jok masih hangat, semprotkan cairan pembersih dan percikan air ke permukaan jok tersebut.

"Kemudian gosok jok dengan bor yang sudah dipasangi interior brush tadi. Penting untuk tidak menekan saat melakukan pembersihan dengan bor. Atur speed sepelan mungkin. Karena kondisi jok kulit biasanya sudah mulai tipis, sehingga rentan sobek. Setelah itu, lap menggunakan microfiber kering untuk membilas," ucapnya.

Ketika jok sudah bersih, langkah selanjutnya adalah mengaplikasikan leather conditioner/protection untuk mengembalikan tekstur alami dan melindungi jok dari kontaminasi dan sinar UV.

Jika tidak memiliki peralatan dan waktu untuk membersihkan jok mobil sendiri, solusinya menyerahkan pengerjaan tersebut ke tempat cuci mobil atau jasa detailing.

Menurut Stefanus, range biaya pembersihan jok berikut interior keseluruhan dibanderol mulai Rp 500 ribu hingga Rp 1 juta, tergantung ukuran mobil. Lama pengerjaan sendiri sekitar satu hari.



Simak Video "d'Happening: Kisah Pemulung Tampan Menjadi Jutawan"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com