Bodi Mobil Jamuran? Ini Tips Rumahan untuk Membersihkannya

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Rabu, 26 Mei 2021 11:57 WIB
Diler Auto2000 Balikpapan Sudirman mengembangkan teknologi body paint yang bisa menghemat waktu pekerjaan.
Tips menghilangkan jamur pada bodi mobil (Luthfi Anshori/detikOto)
Jakarta -

Cuaca yang terus berganti membuat kendaraan yang digunakan sehari-hari harus dapat perawatan ekstra. Kerap kali setelah terkena air hujan, pemilik mobil lupa untuk tidak melakukan pengeringan atau mencuci kembali mobil untuk waktu yang lama. Akibatnya, jamur dapat muncul di permukaan bodi mobil.

Sandi Dwi Putra, pemilik bengkel cuci mobil dan detailing Bless Care Bintaro menjelaskan cara merawat bodi mobil agar terhindar dari jamur.

"Jamur itu muncul karena mobil terkena air hujan yang mengandung sifat asam. Baiknya, setelah terkena air hujan mobil langsung disiram dengan air biasa lalu dikeringkan," ujar Sandi kepada DetikOto.

Namun jika jamur sudah muncul di bodi mobil, ada cara rumahan yang bisa dilakukan dengan mudah dan murah.

"Sekarang banyak obat penghilang jamur bodi mobil yang bisa digunakan tanpa alat. Cukup dengan kain microfiber untuk pengaplikasiannya, jamur bodi bisa hilang," papar Sandi.

Menurut Sandi, tidak ada spesifikasi khusus akan cairan obat yang cocok untuk menghilangkan jamur di bodi mobil. "Sebenarnya tidak butuh ada zat tertentu, selama itu peruntukannya untuk menghilangkan jamur bodi harusnya bisa digunakan dan aman," lanjut Sandi.

Perawatan cat mobilBodi Mobil Jamuran? Ini Tips Rumahan untuk Membersihkannya Foto: dok. IG MekanikaMotor

Saat ini, Sandi menjelaskan kalau cairan penghilang jamur bodi mobil dijual dengan harga yang beragam dan cenderung murah di pasaran. "Biasanya 80 ribu untuk 100 mililiter, itu sudah cukup untuk perawatan rumahan," jelasnya.

Banyak mitos yang beredar, bahwa penggunaan alkohol sampai pemutih pakaian juga dapat menghilangkan jamur yang menempel di bodi, namun Sandi menyarankan untuk melakukannya menggunakan cairan yang tepat.

"Nah ini juga sering (penggunaan alkohol dan pemutih pakaian) gue denger. Kalau saran gue sih jangan, karena emang bukan itu peruntukannya. Memang jamur mungkin bisa hilang, tapi lapisan cat akan berbayang atau muncul flek di bodi," ujar Sandi.

Perlu diketahui, perawatan jamur bodi ini dapat dilakukan sendiri di rumah dengan kondisi jamur yang masih tipis atau sedikit. Perawatan oleh ahli akan diperlukan jika jamur bodi sudah membandel dan sulit untuk dihilangkan.



Simak Video "Mercedes Benz Rilis Maybach S-Class Terbaru, Cocok Buat Pejabat Nih..."
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)