Nggak Perlu ke Bengkel, 4 Komponen Mobil Ini Bisa Dicek Sendiri

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Selasa, 18 Mei 2021 08:52 WIB
Pemeriksaan Mobil Sendiri Tanpa Harus ke Bengkel
Pemeriksaan Mobil Sendiri Tanpa Harus ke Bengkel. Foto: Dok. Honda Prospect Motor
Jakarta -

Mengecek kondisi mobil perlu dilakukan setiap pemilik kendaraan. Setidaknya, mobil harus dilakukan pengecekan dan servis secara berkala. Tapi, tak harus ke bengkel, Anda juga bisa mengecek kondisi mobil sendiri.

Pada kondisi pandemi saat ini, aktivitas di luar rumah sudah menjadi terbatas, sehingga mobil akan menjadi lebih sering terparkir di rumah. Namun, kondisi mobil juga harus tetap terjaga agar performa kendaraan tetap prima.

Seperti disampaikan Honda melalui siaran persnya, ada beberapa komponen yang harus diperhatikan saat melakukan perawatan. Setidaknya empat komponen ini bisa Anda cek sendiri di rumah tanpa harus ke bengkel. Apa saja?

1. Radiator

Radiator menjadi hal utama yang harus diperhatikan saat melakukan pemeriksaan kendaraan. Air radiator pada mobil harus dipastikan selalu dalam kondisi pas sampai batas level maksimal. Air radiator berfungsi untuk menjaga suhu mesin agar tetap optimal dan mencegah terjadinya overheat. Selain itu, periksa bagian selang radiator dan selang penghubung ke reservoir, pastikan selang dalam kondisi tidak ada retak dan menggelembung.

2. Oli Mesin

Oli mesin juga harus diperhatikan dan diganti secara berkala. Untuk mengecek kondisi oli, keluarkan stik oli (dipstick) dari wadahnya dan periksa level ketinggian oli di ujung stik. Pastikan oli mesin berada di antara batas low dan high, dan juga perhatikan warnanya. Oli mesin yang masih bagus memiliki warna kecoklatan, sedangkan oli yang sudah lama digunakan cenderung berwarna agak hitam pekat. Penggantian oli mesin harus dipastikan untuk secara rutin dilakukan sesuai dengan jadwal perawatan berkala yang terdapat pada buku petunjuk kendaraan.

3. Ban Mobil

Keempat ban mobil juga harus dipastikan kondisinya, pastikan bahwa permukaannya tidak gundul dan tidak ada tekstur yang retak atau pun benjol. Tread Wear Indicator (TWI) berupa garis pembatas yang ada di sela-sela ulir ban pun harus diperhatikan. Apabila permukaan ban sudah sejajar ketebalannya dengan garis TWI, berarti ban sudah menipis dan harus dilakukan penggantian. Selain itu, tekanan angin juga harus sering untuk diperiksa agar sesuai dengan standar tekanan angin ban. Untuk mengetahui standar tekanan angin ban, Anda bisa mengecek pada tabel yang ada di bagian dalam pintu pengemudi.

4. Wiper

Wiper mobil juga perlu diperhatikan kondisinya sehingga ketika dipakai saat hujan tetap bisa menyeka air dengan baik. Pemilik mobil dapat memastikan permukaan karet wiper dalam kondisi tidak retak atau sobek dan masih mampu membersihkan kaca mobil secara optimal. Tabung air wiper di dalam kap mesin juga dapat diisi dengan cairan khusus pembersih wiper. Kondisi wiper yang baik dapat membuat pengendara semakin merasa nyaman dan aman untuk berkendara dalam cuaca apa pun. Jadi, visibilitas tak terganggu.



Simak Video "6 Komponen Mobil yang Mudah Rusak, Jika Lama Tak Dipakai"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)