Sabtu, 11 Jul 2020 11:36 WIB

Mumpung Weekend, Yuk Rawat Wiper Mobil Kesayangan

Luthfi Anshori - detikOto
Bosch melalui Divisi Automotive Aftermarket (AA) baru-baru ini meluncurkan wiper flat-blade terbarunya, yakni Bosch Clear Advantage, yang memberikan performa unggul untuk mobil-mobil Asia bahkan di kondisi cuaca ekstrem sekalipun. Diperkuat teknologi flat-blade dari Bosch,  wiper Bosch Clear Advantage ini menggabungkan pegas baja tunggal dan formulasi karet eksklusif yang menghadirkan distribusi tekanan yang merata ke seluruh bilah wiper dan kaca depan mobil. Ilustrasi wiper mobil. Foto: Bosch
Jakarta -

Wiper merupakan salah satu komponen penting pada mobil. Perangkat ini berfungsi untuk membersihkan air di kaca mobil saat berkendara di musim hujan. Meski saat ini jarang turun hujan, wiper mobil harus tetap dirawat ya detikers.

Seperti dikutip dari laman Suzuki, banyak cara bisa dilakukan untuk menjaga elastisitas komponen karet pada wiper. Supaya bagian tersebut tetap terawat maka jangan sering memarkirkan mobil di tempat yang sangat panas. Karena, panasnya matahari akan diserap oleh kaca mobil dan akan berdampak pada wiper.

Kemudian pada saat mencuci mobil, bagian karet wiper perlu dibersihkan. Tapi penting untuk dicatat, saat membilas bagian karetnya harus dilakukan secara hati-hati. Karena pada bagian karet wiper terdapat cairan khusus yang berfungsi sangat penting. Fungsi tersebut adalah sebagai pelindung dan pelembab.

Perlu juga diketahui, dalam merawat wiper mobil ada caranya tersendiri. "Cara merawat wiper yang benar adalah jangan membilas karet wiper dengan sabun cuci mobil. Anda cukup menyiram wiper dengan air bersih dan lap permukaan karetnya dengan hati-hati. Biarkan air mengering sendiri dengan cara menegakkan wiper setelah Anda mencucinya," tulis Suzuki.

"Setelah Anda mencucinya dengan baik dan benar. Maka Anda harus memberikan pelumas pada bagian poros wiper secara berkala untuk mencegah terjadinya aus. Hal tersebut perlu dilakukan supaya perputaran pada wiper saat menyapu air dan kotoran pada saat musim hujan tidak terhambat," sarannya.



Simak Video "Tampang dan Fitur Baru di Honda CBR250RR"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com