Sabtu, 04 Jul 2020 20:13 WIB

Ternyata Baret di Kaca Mobil Bisa Hilang dengan Cara Sederhana Ini

Tim detikcom - detikOto
Bintik-bintik hitam pada kaca depan mobil Ilustrasi kaca mobil. Foto: Istimewa
Jakarta -

Kaca mobil memegang peranan penting dalam membantu visibilitas pengendara. Oleh sebab itu bagian ini jangan sampai diabaikan. Terlebih jika ada goresan, yang bisa mengganggu penglihatan. Salah satu faktor penyebab kaca mobil baret adalah wiper.

Dilansir dari laman resmi Suzuki, kaca pada mobil bisa baret disebabkan karena adanya debu atau pasir yang tersapu wiper. Seharusnya, sebelum kita menyalakan wiper, basahi dulu permukaan kaca menggunakan washer.

Lantai bagaimana solusi menghilangkan baret di kaca mobil? Ternyata bisa dilakukan dengan bahan dan metode yang sederhana, yakni menggunakan kompon mobil. Kompon bisa didapatkan dengan mudah di bengkel atau toko perlengkapan mobil.

"Tapi ingat, kita bisa menggunakannya hanya untuk menghilangkan baret yang tergolong ringan saja. Caranya oleskan kompon pada bagian kaca mobil yang baret, kemudian digosok secara perlahan memakai kain lembut," tulis Suzuki.

"Satu hal yang harus diingat, penggunaan kompon ini ada kekurangannya. Karena terbuat dari oil based, maka bisa menyebabkan kaca menjadi buram ketika terkena air hujan. Namun, hal ini cuma akan berlangsung beberapa hari saja, dan setelahnya kaca mobil akan kembali bersih dan bening," sambungnya.

Selain dengan kompon, menghilangkan baret pada kaca mobil juga bisa menggunakan Cerium Oxide. Cerium Oxide adalah salah satu bubuk poles yang fungsinya adalah untuk membersihkan kaca dan membuatnya semakin mengkilap.

"Caranya, bersihkan bagian kaca mobil yang baret dari debu dan kotoran lain, lalu amplas kaca sampai lapisannya menjadi rata. Yang penting diperhatikan saat mengaplikasikannya adalah pastikan kaca mobil dalam kondisi basah untuk meminimalisir gesekan ketika proses pengamplasan kaca. Setelahnya, bersihkan kaca dan tunggu sampai kondisi kaca mengering".

"Selanjutnya adalah pembuatan campuran poles kaca yang terdiri dari Cerium Oxide yang sudah dicampur dengan air sampai bentuknya tidak terlalu kental dan tidak terlalu encer. Bagian pinggiran kaca sebaiknya dikasih alas koran terlebih dahulu supaya tidak terkena campuran ini. Setelahnya, poles kaca yang baret memakai campuran ini dengan alat pemoles atau kain yang lembut. Gosokkan sedikit ditekan supaya cairan bisa masuk ke dalam kaca dan mengikis baret atau goresan, lalu bersihkan sisa cairan poles tersebut dengan kain lembut dan bersih," tukasnya.



Simak Video "Detik-detik Pembobolan Mobil Berisi Cek Rp 43 M di Kemang"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/rip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com