Posisi Duduk yang Benar di Mobil Supaya Nggak Sakit Pinggang

Dina Rayanti - detikOto
Minggu, 11 Mar 2018 18:02 WIB
Posisi duduk saat sedang berkendara tak bisa disepelekan. Salah posisi duduk bisa-bisa sakit pinggang. Foto: Motorpoint
London - Otolovers pernah merasa sakit pinggang usai turun dari mobil? Mungkin bisa jadi penyebabnya adalah posisi duduk yang salah.

Posisi duduk saat sedang berkendara tak bisa disepelekan. Salah posisi duduk bisa-bisa sakit pinggang.


Di Inggris misalnya jutaan pengendara mobil disana mengaku pinggangnya sakit karena posisi duduk yang salah di dalam mobil seperti dilansir The Sun, Minggu (11/3/2018).

Ini bahkan menjadi permasalahan sendiri disana. Kebanyakan dari mereka tidak tahu bagaimana duduk dengan posisi yang benar dalam mobil. Ada duduk terlalu maju ke depan sehingga membungkuk saat memegang setir sementara yang lainnya duduk dengan posisi sandaran yang terlalu jauh.


Saat melakukan perjalanan panjang ini bisa membuat sendi kaku, otot kencang, dan paling parahnya bisa membuat postur tubuh berubah.

PosisiFoto: Motorpoint

Menaruh tangan di hand rest ketika jalan macet, menggantung tangan di jendela atau mengganjal duduk dengan bantal juga bisa menyebabkan cidera pada tubuh Otolovers.


Mobil-mobil modern saat ini telah dilengkapi fitur yang mendukung punggung dan pinggang agar tidak sakit ketika menyetir. Tapi bagaimana dengan mobil yang belum dilengkapi fitur canggih seperti itu? Tentunya Otolovers harus mengatur posisi duduk sendiri agar tidak salah.

Atur kursi senyaman mungkin dan dekat dengan roda. Sandaran punggung jangan terlalu mundur ke belakang. 10 derajat cukup agar Otolovers tak terlalu menyandar ke belakang.


Pastikan semua kaca spion sudah diatur sebelum melakukan perjalanan agar kita tak repot mengatur tempat duduk lagi dan mengubah posisinya.

Kalau Otolovers melakukan perjalanan jauh, disarankan untuk berhenti sejenak meregangkan kaki selama 1-2 jam. Di luar mobil bisa juga melakukan stretching agar pinggang dan punggung tidak kaku.

Disarankan juga tidak menyimpan ponsel atau dompet di kantung belakang. Ini juga bisa berpengaruh pada tulang belakang Otolovers. (dry/ddn)