Jangan Neduh di Kolong Flyover, Ini Cara Berkendara Motor yang Aman saat Hujan

ADVERTISEMENT

Jangan Neduh di Kolong Flyover, Ini Cara Berkendara Motor yang Aman saat Hujan

Luthfi Anshori - detikOto
Senin, 24 Okt 2022 17:35 WIB
Tips berkendara motor yang aman saat kondisi hujan
Tips berkendara motor yang aman saat kondisi hujan (Foto: Dok. Yamaha)
Jakarta -

Hujan merupakan salah satu risiko yang harus dihadapi bikers. Jika mengalami kondisi hujan saat perjalanan, ada baiknya cari tempat berteduh yang aman. Jangan sampai berteduh di kolong flyover atau jalan layang, sebab itu akan mengganggu lalu lintas. Jika dimungkinkan, bikers juga bisa terus melanjutkan perjalanan saat kondisi hujan. Begini tips amannya.

Seperti diterangkan Yamaha Riding Academy (YRA) Jawa Tengah dalam keterangan resminya, para pengguna sepeda motor perlu berhati-hati ketika berkendara di jalan dalam kondisi hujan, sebab jalanan akan licin dan jarak pandang terbatas.

Cara aman berkendara motor saat hujan:

1. Disarankan memakai jas hujan model setelan (baju dan celana), hindari menggunakan jas hujan model ponco karena dapat terlilit pada roda motor, menutupi lampu belakang, ini dapat membahayakan diri sendiri dan pengguna jalan lain.

2. Mengenakan helm dengan kaca yang terang/clear visor agar tidak mengganggu atau mengurangi visibilitas pengendara dalam kondisi hujan, apalagi ketika malam hari. Lebih baik jika kaca helm dapat dipasang pinlock untuk mencegah embun.

3. Selalu menjaga jarak aman dengan pengendara lain. Ketika hujan, jalanan akan menjadi lebih licin sehingga jarak pengereman akan lebih panjang.

4. Menggunakan kecepatan yang aman, hindari penggunaan kecepatan yang terlalu tinggi, ini akan membuat motor lebih sulit dikendalikan.

5. Mengendarai motor lebih halus saat akselerasi maupun pengereman, penggunaan yang kasar dapat mengakibatkan ban mudah slip dan terjatuh.

6. Jika hujan sangat lebat disertai angin kencang, lebih baik berteduh sampai kondisi baik baru melanjutkan perjalanan.



Simak Video "Biar Awet! Ini Cara Merawat Motor Matik di Rumah"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT