Tiba-tiba Diadang Begal, Haruskan Pasrah Motor Diserahkan Begitu Saja?

M Luthfi Andika - detikOto
Rabu, 11 Mei 2022 08:33 WIB
Poster
Ilustrasi begal Foto: Edi Wahyono
Jakarta -

Detikers yang hendak berkendara harus lebih hati-hati lagi ya, karena saat ini begal kembali menebar teror bagi pengendara motor. Namun ada pertanyaan besar, apa yang harus dilakukan pengendara saat tidak lagi bisa berkutik berhadapan dengan para begal?

Founder dan Instruktur Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Jusri Pulubuhu kepada detikcom, menjelaskan lebih baik untuk tidak melawan.

"Kalau seandainya ada yang nekat, jangan coba-coba melawan. Lebih baik cari tempat aman untuk berhenti, di warung, di pom bensin (SPBU), atau masuk garasi orang lain untuk menghindari tindakan mereka," ucap Jusri.

"Kalau tidak kesempatan, serahkan saja properti yang kita miliki, dan melihat semuanya dengan detail. Hal ini untuk bahan laporan ke pihak berwajib. Langkah menyerahkan semua properti untuk menghindari kekerasan, karena bisa saja jari kita dan tangan kita putus atau bahkan nyawa kita melayang," penjelasan Jusri.

Jusri menjelaskan ada beberapa bentuk antisipasi yang bisa dilakukan pengendara supaya terhindar dari begal.

Tak banyak rintangan dalam perjalanan menuju Cirebon melalui jalur Pantura di hari ke-2 Road Warriors 2018.Ilustrasi perjalanan menuju Cirebon melalui jalur Pantura di hari ke-2 Road Warriors 2018. Foto: Pradita Utama

"Keamanan di jalan tidak lepas dari bagaimana kita menyikapi, berperilaku antisipatif. Untuk karena itu, seyogyanya berkendara motor itu tidak ada keamanan lebih seperti mobil yang mungkin kacanya sudah memiliki pelindung, sudah berkaca gelap dan lain-lain," Jusri menyampaikan.

"Untuk itu managemen perjalanan menjadi hal penting, apabila diri kita sudah oke(dalam keadaan sehat) dan sudah siap berkendara, manajemen perjalanan seperti mengatur waktu perjalanan dan rute perjalanan juga perlu dilakukan," tutup Jusri.



Simak Video "Cegah Mogok, Ini Ciri-ciri Aki di Motor Injeksi Mulai Lemah"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)