Mengenal Fungsi Filter Oli Sepeda Motor, Ini Dampaknya Kalau Telat Diganti

Luthfi Anshori - detikOto
Kamis, 14 Apr 2022 18:35 WIB
Mengenal fungsi filter oli pada sepeda motor
Mengenal fungsi filter oli pada sepeda motor (Foto: Yamaha Indonesia Motor Manufacturing)
Jakarta -

Sepeda motor perlu dirawat secara rutin dan tepat untuk menjaga performa tetap optimal, sekaligus menghindari biaya perawatan lebih besar. Seperti juga penggantian filter oli yang seringkali diabaikan, padahal komponen ini turut menjaga performa dan durabilitas mesin sepeda motor.

Selain peran utama oli yang penting sebagai pelumas mesin sepeda motor, filter oli memiliki peran penting untuk menjaga kondisi oli tersebut tetap bersih. Fungsi utama filter oli ini menyaring partikel-partikel dan benda asing yang tercampur pada oli mesin.

Saat mesin bekerja secara normal, oli bekerja melumasi setiap komponen dalam mesin, seiring berjalannya waktu, oli mesin ini akan menjadi kotor karena tercampur partikel logam, seperti gram-gram sisa gesekan antar part dan karbon sisa pembakaran di mesin.

Maka jika filter oli ini sudah dalam batas waktu penggantian atau kotor, kemampuan menyaring partikel-partikel dan benda asing pada oli akan berkurang, sehingga oli akan tercampur dengan kotoran. Jika partikel-partikel ini dikirim ke mesin bersama oli mesin dan dibiarkan terus menerus, dapat membuat kerusakan pada komponen mesin sepeda motor.

"Untuk mempertahankan kinerja sepeda motor yang optimal, konsumen perlu merawat sepeda motor secara rutin dan tepat. Untuk membangun kesadaran masyarakat mengenai pentingnya perawatan sepeda motor, salah satunya hal sederhana seperti penggantian filter oli yang sering dilupakan konsumen," kata Riyadi Prihantono, Koordinator Manager After Sales & Motor Sports PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Dampak yang dirasakan jika filter oli tidak diganti secara berkala:

  1. Performa motor menjadi kurang optimal, seperti sering tersendat dan mudah hilang tenaga saat dikendarai.
  2. Komponen mesin motor menjadi lebih cepat aus dan tidak tahan lama.
  3. Suara mesin terasa kasar dan berisik saat dinyalakan atau dikendarai.
  4. Mesin motor menjadi lebih cepat panas.

Oleh karena itu, konsumen disarankan untuk melakukan penggantian filter oli tepat waktu setiap 6.000 km atau lebih mudah diingat setelah 2 kali ganti oli mesin.

(lua/din)