Jarang Diperhatikan, Karet pada Tutup Tangki Bensin Fungsinya Besar, lho

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Jumat, 19 Mar 2021 11:45 WIB
Motor yang baru akan dilepas di pertengahan Maret di Eropa ini menawakan mesin 125 cc 4-stroke SOHC single silinder standar Euro4. Saking iritnya, motor dengan tangki 14 liter Yamaha YS125 bisa berlari hingga 300 km.
Tangki bensin motor perlu dapat perhatian dan perawatan karena fungsinya yang krusia (Yamaha)
Jakarta -

Kesannya sepele, tapi seal karet pada tutup tanki bahan bakar sepeda motor punya fungsi penting. Oleh karena itu, seal karet tersebut juga perlu dapat perawatan.

Salah satu indikasi seal karet tanki bahan bakar mulai bermasalah adalah bau khas bensin yang tak terus muncul. Bau tajam tersebut umum tercium saat kita mengisi bensin, tapi kalau sampai periode yang panjang bau itu tak hilang, itu pertanda ada yang tidak beres.

Salah satu faktornya bisa jadi datang dari seal pada tutup tangki motor Anda. Karet yang terdapat pada tutup tangki bensin ini memang jarang mendapat perhatian dari pemilik kendaraan.

Lalu apa fungsi dari karet yang terdapat pada tutup tangki bensin? Dikutip dari Astra Motor, seal karet berfungsi untuk merapatkan agar bensin tidak keluar atau merembes ke luar tangki. Jika tidak ada seal karet, maka saat motor mengalami guncangan di jalan bensin akan rembes hingga ke bagian luar tangki.

Seperti komponen motor lainnya, seal karet juga memiliki masa pakai karena sering terpapar bahan bakar. Usia seal karet juga tergantung dari bahan apa yang digunakan serta volume bensin yang ada pada tangki. Jika ditemui seal karet Anda sudah mulai rusak ataupun terputus, Anda bisa membelinya di sejumlah bengkel motor, toko aksesoris, maupun secara online.

Selain usia pemakaian seal tutup tanki bahan bakar, ternyata bensin yang luber juga bisa disebabkan cara menutup tangki bensin dengan tidak benar. Karena masih sering dijumpai sejumlah pemilik motor merapatkan tangki secara sembarangan setelah mengisi bensin. Padahal menutup tangki dengan benar bisa memperpanjang usia pakai seal karet.

Sebelum menutup tangki, pastikan terlebih dahulu seal karet sudah sejajar. Apabila tidak sejajar, saat menutup tangki bensin akan ada seal karet yang terjepit lebih kencang atau sedikit miring, sehingga tutup tangki jadi tidak rapat.

Selain itu tutup tangki juga perlu dirawat agar terhindar dari masalah di atas, karena rentan ditemui sejumlah kotoran yang menempel. Terdapat dua cara untuk merawat tutup tangki bensin, pertama bisa dengan menggunakan kompresor yang disemprot agar debu dan kotoran benar-benar hilang.

Cara kedua Anda bisa menggunakan benda tajam seperti jarum untuk mengeluarkan kotorannya. Hal ini akan memakan waktu cukup lama, tetapi cara ini bisa Anda lakukan jika tidak memiliki kompresor di rumah.



Simak Video "Perjalanan Istimewa ke Yogyakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)