Tak Aman Naik Motor saat Hujan Deras, Lalu Jas Hujan buat Apa?

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Senin, 07 Des 2020 07:36 WIB
Musim hujan merata di seluruh Indonesia. Pemotor pun harus selalu sedia mantel. Seperti para pemotor di Bandung ini.
Saat hujan deras, pengendara motor disarankan untuk berteduh di tempat aman. Foto: Wisma Putra
Jakarta -

Jakarta dan sekitarnya diguyur hujan. Pengendara kendaraan bermotor diwanti-wanti agar tetap waspada karena kondisi hujan risiko kecelakaannya cukup besar.

Banyak praktisi keselamatan berkendara yang sama sekali tidak menyarankan pengendara sepeda motor menerobos hujan deras. Sebab, hujan deras membuat pengendara sepeda motor terancam keselamatannya.

Praktisi keselamatan berkendara yang juga Senior Instructor Safety Defensive Consultant Indonesia, Sony Susmana, mengatakan saat hujan secara safety berbahaya kalau pengendara sepeda motor melanjutkan prjalananan. Ancamannya banyak, kata Sony.

"Visibilitas pendek, angin yang tiba-tiba datang, fasilitas seperti papan reklame jalan yang rapuh, pohon-pohon yg mudah tumbang, genangan air yang keruh sampai dengan sambaran petir," kata Sony kepada detikcom.

Hujan mengguyur kawasan Jakarta di awal bulan November. Para pengguna jalan pun tampak siap sedia jas hujan agar tetap dapat beraktivitas di kala hujan.Pemotor disarankan tidak melanjutkan perjalanan saat hujan deras. Jas hujan bisa dipakai hanya untuk mencapai lokasi berteduh yang aman. Foto: Dedy Istanto/Detikcom

Kalau secara safety pemotor tidak disarankan menerobos hujan, lantas apa gunanya jas hujan?

"Raincoat (jas hujan) itu digunakan bukan untuk melanjutkan perjalanan, tapi untuk mencapai tujuan terdekat untuk meneduh yang aman," seru Sony.

Sony menyebut, banyak yang salah kaprah bahwa jas hujan merupakan perangkat yang aman untuk menerobos hujan. Namun, anggapan itu memiliki risiko bahaya yang tinggi.

"Apa iya riding kala hujan ada pohon mau tumbang terlihat? Atau ada kendaraan lain yang selip? Perhatikan deh, rider akan ikut jatuh kala melihat ada motor selip/mobil selip. Hal tersebut diakibatkan gagal konsentrasi akibat riding kala hujan," sebutnya.

Karenanya, Sony tidak menyarankan pengendara motor gas terus saat hujan deras. "Kecuali hujan rintik-rintik," pungkasnya.



Simak Video "Pohon Tumbang di Beberapa Lokasi di Jakarta Saat Hujan Angin"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)