Senin, 25 Mar 2019 07:03 WIB

Mau Modifikasi Ban Motor? Jangan Sampai Salah Ukuran!

Luthfi Anshori - detikOto
Modifikasi ban motor. Foto: Pool Modifikasi ban motor. Foto: Pool
Jakarta - Ban adalah salah satu komponen motor yang paling gampang dimodifikasi. Memodifikasi ban bisa bikin tampilan motor jadi terlihat beda. Apalagi jika ban yang dipakai berukuran besar alias gambot.

Namun dalam memodifikasi ban motor tidak bisa dilakukan secara sembarangan nih, detikers. Perlu kejelian saat memilih ukuran ban yang cocok untuk motor kesayangan.


Seperti dijelaskan mekanik Duta Motor Sport Bekasi, Ryan Fasha, ban motor bisa di-upgrade dengan ukuran 1 step atau 2 step lebih besar dari ukuran ban standar.

"Jadi misalkan pelek ukuran 17 bisa di-upgrade bannya dari ukuran 100 ke 110. Atau dari ukuran 120 bisa dinaikkan ke 130," kata Ryan, kepada detikcom, di Bekasi, Minggu (24/3/2019).

Ada beberapa efek negatif yang ditimbulkan dari cara pemilihan ban yang salah. Seperti diperhatikan memang ada beberapa pemilik motor yang justru memilih ban motor yang tidak sesuai ukuran motornya demi estetika versi masing-masing.

Namun hal tersebut justru dapat menimbulkan efek buruk ke motor Anda.


"Jika ban terlalu besar motor jadi boros karena tapak ban yang nempel ke aspal jadi lebih besar. Ban juga jadi ngedonat, sehingga secara estetika tidak enak dilihat," lanjut Ryan.

"Sementara kalau ban di-upgrade dengan ukuran yang terlalu kecil, handling motor akan jauh berkurang dan pelek rawan rusak, kalau masih pakai pelek standar," pungkasnya. (lua/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com