ADVERTISEMENT

Tarik Rem Tangan Atau 'P' Dulu? Begini Cara Parkir Mobil Matic yang Benar

Dina Rayanti - detikOto
Sabtu, 27 Agu 2022 16:10 WIB
Automatic car gear stick. Automatic transmission gear shift inside modern and sport design car. Gear stick shift on parking mode position. Park-transmission locked in position for parking. Automotive.
Transmisi mobil matic. Foto: Getty Images/iStockphoto/Fahroni
Jakarta -

Pengoperasian mobil matic memang cenderung lebih mudah. Namun demikian, pemilik kendaraan harus tetap mengetahui prosedur mengendarai mobil matic supaya mesin tetap awet. Salah satunya ketika harus parkir.

Beberapa pengendara mobil matic masih keliru apa yang harus dilakukan usai mobil dalam posisi terparkir. Pindahkan tuas transmisi ke 'P' atau tarik rem tangan dulu ya? Mengutip laman Daihatsu Indonesia, cara parkir mobil matic yang benar adalah menarik rem tangan lebih dulu baru kemudian pindahkan ke tuas transmisi ke 'P'. Jangan sampai terbalik ya!

Pada mobil yang memiliki transmisi otomatis cukup sensitif, bila yang dilakukan adalah memindahkan tuas ke 'P' baru menarik rem tangan, membuat girboks akan terkunci.

Bagi kamu yang ketika parkir memindahkan ke 'P dulu baru tarik rem tangan, jangan kaget kalau komponen mobil maticnya malah jadi lebih cepat rusak. Alhasil, kamu harus merogoh kocek lebih dalam karena harus mengganti komponen sebelum waktunya.

Selain mengetahui cara parkir, ada beberapa hal lain yang bisa kamu terapkan supaya usia mobil matic lebih awet. Misalnya saat menyalakan mobil. Ada baiknya, kamu menginjak pedal rem saat mobil dinyalakan. Ini untuk menghindari kemungkinan mobil loncat saat dinyalakan. Sebelum menyalakan, pastikan posisi tuas transmisi ada di 'P' atau N.

Kemudian saat berhenti di lampu merah, kamu juga disarankan untuk memposisikan tuas transmisi di netral. Hal tersebut dapat mengurangi beban kerja pada transmisi ketika mobil dalam posisi berhenti. Tak lupa, pengendara harus menginjak rem kaki dan bukan menarik rem tangan.

Lalu ketika di jalan menanjak atau menurun, kamu bisa memindahkan tuas transmisi ke gigi rendah seperti 1,2, atau L. Selain membuat transmisi lebih awet, ini juga bisa menambah keamanan ketika berkendara mobil matic.



Simak Video "Jangan Ketuker! Tarik Rem Tangan atau 'P' Dulu?"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT