ADVERTISEMENT

Biar Nggak Rugi Banyak, Barang Ini Harus Ada di Mobil!

Hafizh Gemilang - detikOto
Senin, 15 Agu 2022 08:16 WIB
Alat Pemadam Api Ringan (APAR) Servvo
Salah satu part yang harus ada dan dapat menjadi solusi saat terjadi kebakaran adalah Alat Pemadam Api Ringan (APAR) (Muhammad Hafizh Gemilang/detikOto)
Jakarta -

Pemerintah sudah mengatur tentang kelayakan sebuah mobil untuk digunakan di jalanan Indonesia. Salah satu part yang harus ada dan dapat menjadi solusi saat terjadi kebakaran adalah Alat Pemadam Api Ringan (APAR).

Melalui Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 74 Tahun 2021, setiap kendaraan yang digunakan di jalanan Indonesia kini harus memiliki APAR minimum 1 kg dengan fire rating 5A dan 55B.

Kegunaan APAR ini tentu sesuai namanya, yakni untuk memadamkan api dengan kondisi ringan. Tentu alat ini dapat menjadi pertolongan pertama dan juga pencegah mobil habis dilahap si jago merah.

Ada beberapa hal yang dapat diperhatikan sebelum memilih APAR untuk kendaraan. Pertama, perhatikan standar pembuatan dan juga peruntukkannya.

APAR di mobilAPAR di mobil Foto: Dok.Servvo

"Pertama udah SNI. Kedua, daya padamnya harus sesuai standar juga. Untuk kendaraan itu minimal 5A dan 55B atau 1 kg yah. Nah 1 kg itu bisa setara untuk memadamkan 60 liter bahan bakar," papar Hendra Prasetyo selaku General Manager PT Servvo Fire Indonesia.

"Karena di mobil itu kita pertimbangannya ada bahan bakar di situ, sebanyak mungkin dari 5 liter sampai 40-50 liter bahan bakar," lanjutnya.

Selain itu, pilih juga media sebagai isi APAR-nya. Saat ini ada beberapa bahan yang umum digunakan oleh APAR, yakni powder, CO2, hingga foam.

Menurut Servvo, APAR dengan media powder paling efektif untuk disimpan sebagai alat pemadam api dan juga ekonomis untuk dimiliki.

"Powder ini memiliki kelebihan bisa memadamkan kelas api A, B, dan C. A itu untuk benda padat, B itu untuk kebakaran yang disebabkan oleh cairan seperti bahan bakar, kemudian C itu kelas api yang kebakarannya terjadi akibat listrik," papar Hendra.

"Kalau CO2 hanya B dan C, kalau foam hanya A dan B. Jadi powder ini lebih multi guna. Selain itu secara harga dia paling ekonomis, dengan daya padam paling tinggi," lanjutnya.

Saat ini, total 8 merek kendaraan menggunakan APAR dari Servvo berjenis P 100 SA (Ve-Ex). Menurut Servvo, APAR yang dipasangkan sama, hanya berbeda dari bracket untuk posisi penyimpanannya.

Untuk harganya, ditilik dari daftar harga Servvo per April 2022, APAR untuk mobil dengan kapasitas 1 kg dibanderol mulai dari Rp 1,099 juta.



Simak Video "Jangan Ketuker! Tarik Rem Tangan atau 'P' Dulu?"
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/rgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT