ADVERTISEMENT

Awas! Ini Penyebab Mobil Terbakar

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Minggu, 19 Des 2021 10:10 WIB
Sebuah mobil terbakar di Tol Dalam Kota, Jakarta, Kamis (25/11/2021). Begini potretnya.
Mobil terbakar. Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Salah satu penyebab utama mobil terbakar adalah terjadinya arus pendek listrik. Namun, ternyata masih ada beberapa faktor lain yang juga menyebabkan timbulnya kebakaran.

Sering kita temui beberapa kejadian mobil terbakar akibat korsleting listrik. Hal tersebut bisa terjadi karena beberapa faktor, misalnya kabel menumpuk di salah satu kutub aki, terdapat juga kabel yang terkelupas atau menempel dengan komponen mesin yang menimbulkan panas sehingga menyebabkan kabel meleleh.

Meski begitu, penyebab terjadinya kebakaran pada mobil tak melulu disebabkan oleh kelistrikan. Faktor lainnya juga bisa disebabkan oleh mesin serta komponen lainnya.

Pereli nasional yang juga Brand Ambassador Mitsubishi Indonesia, Rifat Sungkar menjelaskan ada beberapa kasus mobil terbakar yang bisa disebabkan oleh berbagai macam hal. Penyebab mobil terbakar juga ditentukan oleh penempatan mesin, apakah di bagian depan atau belakang.

"Untuk mesin yang ada di depan, bisa terjadi kerusakan ketika mobil melewati genangan air cukup tinggi lalu menimbulkan kerusakan. Terkadang lukanya ini tidak kelihatan namun cukup berisiko menimbulkan arus pendek listrik," kata Rifat Sungkar dalam konferensi pers virtual belum lama ini.

"Contoh lainnya ada beberapa mobil yang memiliki ECU di bawah lantai, lalu ada juga air intake-nya di bawah bemper, kemudian ada beberapa komponen yang menghasilkan panas cukup tinggi. Seperti beberapa waktu lalu ada kasus mobil baru terbakar, ternyata selang power steeringnya putus lalu minyaknya tumpah mengenai heater," jelasnya.

Lebih lanjut, Rifat mengungkapkan penyebab mobil terbakar dengan mesin di bagian belakang juga berbeda. Selain karena sistem kelistrikan yang mengalami kerusakan, faktor lainnya disebabkan oleh hawa panas dari knalpot yang mengendap, lalu menyebabkan sejumlah perangkat lain ikut panas dan bisa terbakar.

Kebakaran yang disebabkan oleh mobil jenis supercar juga berbeda lagi. Meski memiliki mesin yang terletak di belakang, faktor yang menyebabkan timbulnya api tidaklah sama.

"Kalau lihat di YouTube kan banyak supercar terbakar, nah itu beda lagi penyebabnya. Bisa jadi disebabkan hawa panas knalpot yang kemudian membakar bemper, lalu panas di bagian bemper ikut membakar mesin. Jadi penyebabnya bisa saling berkaitan," ungkap Rifat.

Rifat menjelaskan, hadirnya alat pemadam api ringan (APAR) di dalam mobil saat ini sangat penting untuk mengantisipasi jika terjadi kebakaran. Namun, ia mengungkapkan perangkat tersebut perlu disimpan di tempat yang pas dan aman.

"Karena kalau tidak, jika suatu saat terjadi kecelakaan alat ini bisa berpindah tiba-tiba, alhasil bisa mencelakai penumpang," tuturnya.



Simak Video "Penampakan Mobil Angkot di Jakbar Terbakar Gegara Aki Korsleting"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT