ADVERTISEMENT

Solar Subsidi-Dexlite Nggak Termasuk, Innova-Fortuner Diesel Cocoknya Minum Ini

Tim detikcom - detikOto
Senin, 04 Jul 2022 10:20 WIB
Sejumlah kendaraan antre mengisi bahan bakar minyak (BBM) di SPBU Tol Sidoarjo 54.612.48, Sidoarjo, Jawa Timur, Senin (11/4/2022). Pemerintah menetapkan Pertalite sebagai jenis BBM khusus penugasan yang dijual dengan harga Rp7.650 per liter dan Biosolar Rp5.510 per liter, sementara jenis Pertamax harganya disesuaikan untuk menjaga daya beli masyarakat yakni menjadi Rp 12.500 per liter dimana Pertamina masih menanggung selisih Rp3.500 dari harga keekonomiannya sebesar Rp16.000 per liter di tengah kenaikan harga minyak dunia. ANTARA FOTO/Zabur Karuru/rwa.
Solar subsidi dan Dexlite bukan termasuk BBM yang direkomendasikan untuk Toyota Fortuner dan Innova diesel.Foto: ANTARA FOTO/Zabur Karuru
Jakarta -

Spesifikasi mesin Euro 4 pada sejumlah mobil di Indonesia, membuat kendaraan butuh bahan bakar dengan kadar oktan lebih tinggi. Itu berlaku untuk mobil bermesin bensin maupun diesel. Khusus untuk diesel, mobil dengan spesifikasi Euro 4 dianjurkan untuk menggunakan solar yang memiliki kandungan sulfur 50 ppm.

Di Indonesia, solar dengan kandungan sulfur maksimal 50 ppm salah satunya ditawarkan oleh Pertamina Dex dan memenuhi spesifikasi standar mesin Euro 4. Maka dari itu, mobil sekelas Toyota Fortuner dan Kijang Innova diesel keluaran terbaru seharusnya bisa mengkonsumsi solar jenis Pertamina Dex.

Sebagai perbandingan, BBM solar subsidi memiliki kandungan sulfur maksimal 2.500 ppm, kemudian untuk Dexlite maksimal 1.200 ppm.

"Kalau kita pakai BBM solar yang (maksimal) 50 ppm, itu nggak ada masalah. Asapnya, baunya beda, terus filter juga awet, mesin awet. berarti dibuktikan memang kalau menggunakan solar yang sesuai dengan peruntukannya insya Allah awet mesinnya," Head Dealer Technical Support PT Toyota Astra Motor Didi Ahadi.

Pertamina Dex sendiri memiliki kandungan cetane number 53 yang dipercaya bisa menjaga mesin dan meningkatkan tenaga lebih maksimal. Dalam laman Pertamina, BBM jenis Pertamina Dex memang dirancang untuk merespon perkembangan kendaraan diesel di Tanah Air.

Pertamina Dex membuat pembakaran mesin lebih baik sekaligus menghasilkan suara mesin yang lebih halus. Di dalam Pertamina Dex terdapat aditif yang bisa membersihkan mesin dan memastikan tidak ada endapan.

Pertamina Dex bukan satu-satunya BBM jenis solar yang bisa 'diminum' mobil sekelas Toyota Fortuner dan Innova diesel. Ada juga Shell V-Power Diesel yang sudah berstandar Euro 5 dengan kandungan sulfur ultra rendah yakni 10 ppm.

BBM Shell V-Power Diesel diformulasikan menggunakan teknologi Dynaflex untuk mesin bersih dan efisien. Teknologi ini membantu membersihkan dan melindungi komponen utama pada injektor bahan bakar dari endapan yang bisa mempengaruhi performa mesin.

"Yang dikhawatirkan dari Toyota kalau menggunakan sulfur yang lebih tinggi dari 50 ppm akan menumpuk sulfurnya di catalytic converter. Numpuk di sana sehingga yang pasti emisinya kurang baik. Dan timbulnya asap putih di knalpot itu, sehingga yang kami khawatirkan adalah mengganggu visibilitas ke belakang, salah satunya itu juga," kata Didi.



Simak Video "Jangan Sampai Salah, Ini Bedanya Dexlite dengan Pertamina Dex"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/rgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT