ADVERTISEMENT

Lakukan 4 Cara Ini Agar Door Lock Pintu Mobil Tidak Mudah Rusak

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Sabtu, 25 Jun 2022 15:48 WIB
Kemacetan parah terjadi di JORR Jakarta menuju Tol Cikampek, Jumat (23/06/2017). Kondisi tersebut membuat mobil pribadi memilih untuk keluar lagi melalui pintu masuk.
Ilustrasi mobil Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

Door lock pintu mobil merupakan salah satu komponen yang cukup penting, jika tidak dirawat bisa saja mengalami kerusakan. Rata-rata, kerusakan yang terjadi pada door lock pintu mobil diakibatkan putusnya kawat penghubung yang ada di dalam.

Kawat penghubung door lock yang rusak akan membuat pergerakan listrik motor menjadi tidak tersalurkan dengan baik. Selain itu, dalam banyak kasus pemilik mobil sering menggunakan kunci melalui tuas secara manual dan memaksa kawat penghubung didorong. Hal ini dapat menyebabkan kawat penghubung cepat putus.

Namun nggak perlu panik, jika door lock pintu mobil detikers mengalami kerusakan tetap bisa diatasi kok. Seperti dilansir Auto2000, ada empat cara memperbaiki door lock pintu mobil yang mengalami kerusakan, penasaran berikut penjelasannya.

1. Cek Kawat Penghubung

Salah satu penyebab door lock pintu mobil rusak bisa jadi karena kawat penghubung yang ada di dalamnya putus. Maka dari itu, kamu harus memeriksa bagian kawat dengan cermat. Jika ada kawat yang putus, solusinya adalah harus menggantinya dengan kawat yang baru.

Kawat penghubung yang putus ini sebenarnya bisa diganti sendiri. Untuk menemukan kawat dengan jenis yang sama, kamu harus membawa kawat yang putus tersebut ke bengkel resmi. Namun, jika kawat penghubung yang hanya terpotong di bagian ujungnya, kamu bisa regangkan sedikit agar bisa dipasang pada baut.

2. Cek Sekring

Cara memperbaiki door lock pintu mobil yang rusak selanjutnya adalah dengan memeriksa sekringnya. Untuk melakukannya, kamu membutuhkan multimeter atau alat pengukur tegangan listrik.

Agar door lock pintu mobil dapat bekerja dengan baik, tegangan listrik harus dapat mengalir dengan baik pula. Jika sekring mengalami kerusakan seperti aliran yang tersalurkan tidak optimal, maka door lock pintu mobil tidak akan berfungsi.

3. Periksa Bagian Modul

Salah satu elemen penting yang menunjang pengoperasian door lock pintu mobil adalah bagian modul. Elemen ini mengontrol proses pembukaan atau penguncian pintu mobil secara otomatis. Jika elemen modul tidak berfungsi dengan baik, maka door lock pintu mobil tidak akan berfungsi dan harus segera diperbaiki.

Namun, jika remote mobil masih bisa dioperasikan, artinya masih ada aliran listrik yang mengalir pada mobil. Artinya, masalah door lock pintu mobil bukan pada modulnya. Kamu dapat memeriksa bagian bagian untuk memperbaikinya.

4. Periksa Suku Cadang motor Penggerak

Cara memperbaiki door lock pintu mobil yang rusak adalah dengan memeriksa motor penggerak. Bagian ini dapat secara otomatis menarik kunci pintu, ketika dioperasikan untuk mengunci, akan muncul magnet yang kemudian mengunci pintu mobil karena plunger ditarik oleh magnet.

Jika bagian ini rusak, jelas pintu mobil tidak akan dapat terkunci dengan baik. Maka dari itu, kamu harus melakukan pemeriksaan secara berkala untuk menghindari door lock mobil rusak.



Simak Video "4 Hal yang Sering Jadi Biang Keladi Arus Listrik Mobil Tak Stabil!"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT