Corona Mengganas, Ini Tips Mengemudi Aman untuk Cegah Penularan COVID-19

Luthfi Anshori - detikOto
Jumat, 25 Jun 2021 14:36 WIB
Suasana jalan protokol di Jakarta terlihat lengang saat libur Tahun Baru 2021. Begini potretnya.
Tips aman mengemudi untuk mencegah penularan virus Corona yang makin ganas. Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

Virus Corona (COVID-19) mengganas di Indonesia. Bahkan pada 24 Juni 2021 kemarin, kasus positif Corona mencatat rekor dengan kasus positif lebih dari 20 ribu.

Di sisi lain, pemerintah sudah berupaya memutus penyebaran COVID-19 dengan kembali memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala mikro hingga 5 Juli 2021. Beberapa aturan penyesuaian aktivitas dan mobilitas warga kembali diterapkan, termasuk mengenai mengemudi kendaraan pribadi di jalan.

Di DKI Jakarta kapasitas penumpang mobil pribadi dibatasi hanya 50% dan ada toleransi boleh diisi 100% dari kapasitas apabila berdomisili di alamat yang sama. Kalau kamu abai, petugas berhak melakukan tindakan pencegahan seperti diminta putar balik atau menggunakan angkutan alternatif lain. Jika pengemudi dan penumpang kedapatan tidak memakai masker, dikenakan sanksi administratif berupa denda atau kerja sosial.

Tentunya kamu juga harus berperan dalam memutus mata rantai penularan virus COVID-19 waktu mengemudi mobil ya. Berikut adalah langkah yang bisa dilakukan, seperti dijelaskan Auto2000 dalam keterangan resminya.

1. Pastikan Mobil Selalu Bersih

Pastikan bagian yang paling sering mendapatkan kontak fisik dengan penghuni kabin rutin dibersihkan. Cukup bermodalkan kain mikrofiber dan cairan pembersih interior, bersihkan handle pintu, kemudi, tuas transmisi dan bagian lain yang kerap disentuh tangan, termasuk pintu bagasi yang sering dibuka oleh satpam mal atau kantor.

2. Patuhi Aturan Jumlah Penumpang

Di DKI Jakarta kapasitas penumpang mobil pribadi dibatasi hanya 50% dan ada toleransi boleh diisi 100% dari kapasitas apabila berdomisili di alamat yang sama. Kalau kamu abai, petugas berhak untuk melakukan tindakan pencegahan seperti diminta putar balik atau menggunakan angkutan alternatif lain. Jika pengemudi dan penumpang kedapatan tidak memakai masker, dikenakan sanksi administratif berupa denda atau kerja sosial.

3. Pakai Masker dengan Benar

Menggunakan masker medis dengan benar terbukti efektif mencegah penularan virus. Harga masker medis pun sekarang sudah lebih terjangkau sehingga kamu bisa menggunakannya saat mengemudi mobil. Simpan cadangan minimal 2 masker baru di laci dasbor untuk berjaga-jaga jika lupa menggunakan atau masker yang dipakai rusak seperti terkena hujan.

4. Jangan Lupakan Hand Sanitizer

Jangan pernah lelah menjalankan protokol kesehatan meskipun pandemi sudah berlangsung lama atau kamu telah mendapatkan vaksinasi. Salah satunya adalah dengan membawa hand sanitizer untuk memastikan tangan selalu bersih guna mencegah penularan virus.

5. Servis Berkala Cukup di Rumah

Aktivitas di luar memperbesar risiko tertular virus COVID-19. Sementara itu, kondisi mobil wajib dijaga supaya tetap prima. Maka itu, bagi para pemilik mobil disarankan untuk memanfaatkan layanan servis kendaraan di rumah alias home service.

(lua/din)