Tips Membersihkan Ruang Mesin Mobil, Jangan Pakai Air Tekanan Tinggi!

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Selasa, 22 Jun 2021 15:01 WIB
Ruang Mesin BMW E36 M50 323 1998
Ilustrasi area ruang mesin BMW E36 323 1998 Foto: Muhammad Hafizh Gemilang
Jakarta -

Sering kali ketika mencuci mobil sendiri, pemilik mobil ragu untuk membersihkan area ruang mesin. Salah satu bengkel perawatan mobil di bilangan Bintaro membagikan tips membersihkan ruang mesin, simak yuk!

Sandi Dwi Putra, pemilik Bless Car Care Bintaro mengatakan bahwa mobil jenis apapun dapat dibersihkan secara mandiri ruang mesinnya. Namun menurutnya, tetap perlu berhati-hati ketika membersihkannya.

"Ruang mesin mobil tua jelas lebih sulit untuk membersihkannya, karena biasanya teknologi mesinnya yang sangat berbeda dengan mobil modern, jadi banyak bagian yg tidak boleh terkena air," papar Sandi kepada detikOto.

"Baik mobil tua atau mobil modern, perlu memperhatikan beberapa bagian seperti alternator dan sekring-sekring. Kalau mobil tua yang masih pakai karburator, sebisa mungkin jangan sampai ada air yang masuk. Makanya harus teliti saat membersihkan area mesin secara mandiri," papar Sandi.

Menurut Sandi, ketika membersihkan ruang mesin, sebaiknya tidak menggunakan air dengan tekanan tinggi.

"Baik mobil tua maupun modern, sebaiknya tidak menggunakan air dengan tekanan tinggi. Saran saya cukup menggunakan lap basah saja lalu tentunya menggunakan cairan khusus," paparnya.

Cairan khusus yang dimaksud adalah cairan yang memang dirancang untuk membersihkan area mesin, sehingga tidak merusak dan bahannya sudah teruji.

Ruang mesin mobil sebelum dan sesudah dibersihkanIlustrasi ruang mesin mobil sebelum dan sesudah dibersihkan Foto: Istimewa/Bless Car Care Bintaro

"Untuk cairan atau obat untuk membersihkan ruang mesin, ada tiga jenis yaitu tar remover, waterspot remover dan degreaser, tergantung bagian mana yg ingin kalian bersihkan dan seperti apa kotorannya," paparnya.

Menurutnya, sebenarnya membersihkan ruang mesin ini sederhana dan dapat dilakukan secara mandiri. Namun, diperlukan ketelitian saat membersihkan beberapa bagian di area mesin ini.

Selain itu, Sandi menyarankan untuk tidak terlalu sering membersihkan area mesin.

"Untuk membersihkan ruang mesin baiknya tidak terlalu sering, karena banyak sistem elektrik di bagian tersebut. Kalian juga harus sangat teliti, atau jika hanya mengejar kilapnya, kalian bisa menggunakan dressing untuk bagian permukaan mesinnya saja," tutupnya.



Simak Video "Jangan Asal! Ini Cara Memoles Mobil yang Tepat"
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/din)