Tren Mobil Keluar Dealer Langsung Coating

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Minggu, 20 Jun 2021 17:42 WIB
Mobil baru langsung mendapat perawatan coating di Detailworks Motospa
Mobil baru langsung mendapat perawatan coating di Detailworks Motospa Foto: Istimewa/Detailworks Motospa
Jakarta -

Pemilik mobil baru, biasanya langsung ingin menjaga keawetan cat mobilnya. Saat ini, sedang ramai tren mobil baru keluar dari dealer langsung dapat perawatan hingga coating.

Menurut Stefanus Yoga pemilik dari tempat perawatan mobil Detailworks Motospa, mobil baru kerap kali diterima pembeli dalam status cat yang tidak lagi sempurna.

"Mobil baru, terutama mass product melalui beberapa tahap pengiriman. Dalam tahapan tersebut, mobil kerap dijemur di terik matahari, kena hujan atau melalui proses pencucian sekadarnya," papar Yoga kepada detikOto.

Yoga melanjutkan, biasanya mobil sampai ke tangan pembeli dalam keadaan sudah terdapat beberapa baret halus atau swirlmarks.

"Coba tembak sinar 3000K (kelvin), baru deh kelihatan kondisi cat yang sesungguhnya," papar Yoga.

Oleh sebab itu, menurut Yoga tidak sedikit mobil yang baru keluar dari dealer langsung diantar ke tempat perawatan mobil sebelum diantar ke rumah pembeli.

"Karena coating merupakan protection cat terhadap berbagai kontaminasi seperti waterspot atau jamur, getah pohon, kotoran burung, dan sebagainya. Jadi, semakin awal melalukan coating, semakin meminimalkan dampak yg bisa merusak cat tadi," ujar Yoga.

Yoga menyimpulkan melakukan coating, mobil baru dapat lebih terjaga catnya dan membuat cat lebih awet.

Selain coating, tren lain yang juga sedang banyak digandrungi oleh para pembeli mobil adalah dengan memasang lapisan film tambahan terhadap mobilnya.

"Laminated film atau paint protection film ini merupakan jenis proteksi yg lebih advance dibanding coating. Mempunyai kemampuan melindungi cat yg jauh lebih baik terhadap goresan. Bukan cuma goresan halus, bahkan yg cukup dalam bisa ditahan oleh lapisan protection film tersebut," ujar Yoga.

Namun tentu kedua perawatan mobil ini dibanderol dengan harga yang jauh berbeda. "(Harganya) beda jauh banget antara coating dan laminated film tadi. Kalau di Detailworks, untuk coating mulai dari Rp 1.5 Juta - Rp 8 Jutaan," papar Yoga.



Simak Video "PPnBM 0% Lanjut, Tapi Stok Mobil Malah Nyangkut"
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/rgr)