Awas Kebakaran, Ini 5 Cara Aman Pasang Aksesoris Mobil

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Minggu, 20 Jun 2021 11:17 WIB
Bengkel Body & Paint Auto2000 8 Jam di Malang
Bengkel Auto2000. Foto: Deny Prastyo Utomo/detikOto
Jakarta -

Sering kali pemilik mobil kurang puas dengan tampilan standar mobil yang dibelinya. Karenanya, tak sedikit pemilik mobil yang memodifikasi mobilnya dengan aksesori tambahan. Tapi, memasang aksesori bisa membuat garansi hangus, bahkan bisa berakibat fatal sampai kebakaran.

Untuk itu, kamu tidak bisa tergesa-gesa memasang aksesoris yang diinginkan tanpa mempertimbangkan beberapa hal. Salah satunya terkait dengan aspek keamanan seperti potensi korsleting listrik atau kecelakaan. Berikut langkah yang harus diambil saat ingin membeli aksesoris mobil seperti dikutip siaran pers Auto2000.

1. Pilih Aksesoris Sesuai Kebutuhan

Aksesoris yang tidak dibutuhkan dan tidak sesuai estetika malah akan membuat tampang mobil menjadi aneh dan tidak enak dilihat. Termasuk jangan terlalu banyak memasang aksesoris sehingga penampilan mobil menjadi kurang serasi dan proporsional.

2. Sesuaikan dengan Budget

Aksesoris bukan komponen vital pada mobil. Kamu tidak perlu memaksakan diri jika dari sisi finansial kurang mendukung. Buatlah daftar aksesoris berdasarkan prioritas, misal mendahulukan kaca film mengingat fungsinya yang penting. Atau membeli tempat sampah dan cargo net jika sering bepergian dengan membawa banyak barang bawaan bersama keluarga.

3. Perhatikan Spesifikasi Mobil

Memasang aksesoris harus melihat kesesuaian dengan spesifikasi mobil. Jangan sampai kamu membeli aksesoris untuk mobil lain yang akhirnya tidak bisa dipasang atau membeli produk aftermarket yang berbeda dudukan dan konektornya. Paling aman tentunya adalah membeli aksesoris asli di bengkel resmi karena sudah melewati tahapan riset sebelum ditawarkan.

4. Perhatikan Unsur Keselamatan

Pastikan aksesoris tidak mengganggu dalam mengoperasikan kendaraan atau menimbulkan ketidaknyamanan. Misalnya memilih kaca film yang terlalu gelap atau memasang spoiler yang dudukannya tidak sesuai sehingga berisiko copot. Jangan pula memasang aksesoris yang mengganggu kelistrikan untuk mencegah korsleting listrik karena dapat memicu kebakaran.

5. Pilih Bengkel Terpercaya

Untuk memasang aksesoris, sebaiknya kamu memilih bengkel terpercaya seperti di bengkel resmi. Di bengkel resmi, dipastikan produk yang dijualnya asli dan dilengkapi garansi produksi. Terlebih, memasang aksesori di bengkel resmi juga tidak akan membuat garansi hangus.

"Pemasangan aksesoris mobil tidak boleh dilakukan sembarangan dan harus dikerjakan oleh ahlinya untuk menghindari risiko masalah di kemudian hari. Urusan Toyota lebih mudah, AutoFamily bisa membeli aksesoris asli Toyota melalui Auto2000 Digiroom dan dipasangkan oleh petugas bengkel Auto2000 untuk menjamin kualitas dan garansinya. Segera manfaatkan promo aksesoris untuk pembelian hanya di Auto2000.co.id," jelas Nur Imansyah Tara, Aftersales Division Head Auto2000 dalam keterangan tertulisnya.



Simak Video "Jangan Asal! Ini Cara Memoles Mobil yang Tepat"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)