Pemula Wajib Tahu! Begini Cara Pilih Ban Mobil Sesuai Kebutuhan

Angga Laraspati - detikOto
Kamis, 17 Jun 2021 17:19 WIB
Bridgestone
Foto: Bridgestone
Jakarta -

Ban adalah komponen penting bagi kendaraan. Meski Anda pemula di dunia otomotif, komponen ini menjadi salah satu yang harus dikuasai karena merupakan bagian kendaraan yang dapat menjamin keselamatan saat berkendara.

Tak hanya itu, ban berfungsi sebagai penyangga beban dan kontrol kendaraan. Ban juga berfungsi memberikan gaya dorong dan membantu saat pengereman serta meredam getaran dari permukaan jalan.

Karenanya, untuk memaksimalkan fungsi dari ban, pemilihan ban harus sesuai dengan kebutuhan agar kenyamanan dan juga keselamatan berkendara dapat dipenuhi. Nyatanya, ban untuk mobil penumpang terbagi atas dua jenis berdasarkan kegunaannya masing-masing.

Head of Corporate Communications dan Public Relations PT Bridgestone Tire Indonesia Arko Kanadianto menjelaskan dua tipe kendaraan pada jenis mobil penumpang dan ban yang cocok untuk digunakan.

Sporty

Para pemilik mobil sport yang mengutamakan performa unggul, handling mumpuni serta akseslerasi yang dapat dipacu hingga kecepatan tinggi, sangat cocok dengan ban yang mampu memberikan initial steering response yang baik.

Tak hanya itu, ban yang dipilih juga harus bisa menyesuaikan kecepatan ban dengan arah kemudi, agar tetap stabil saat kendaraan berada di jalan menikung dan cengkraman rem yang mumpuni, baik untuk permukaan basah atau kering.

Bridgestone menghadirkan varian Potenza S007A yang dirancang khusus untuk memenuhi pengguna mobil sport high performance. Tidak perlu was-was saat melewati tikungan dengan kecepatan tinggi, sensasi berkendara yang ditawarkan Bridgestone Potenza S007A membuat berkendara menjadi lebih aman dan nyaman.

"Daya pengereman maksimal di jalan basah maupun kering diberikan Potenza S007A dengan sangat baik. Memiliki alur ban dengan sudut yang rendah, Potenza S007A mampu menjaga stabilitas kendaraan," kata Arko dalam keterangan tertulis, Kamis (17/6/2021).

Touring

Pengguna mobil ini banyak ditemukan pada tipe kendaraan MPV, SUV, SUV Compact hingga hatchback yang memang dirancang untuk kenyamanan sang pengguna, sehingga ban yang cocok adalah yang mampu menawarkan perjalanan anti bising.

Kebutuhan tersebut dapat dipenuhi oleh Bridgestone melalui Bridgestone Turanza T005A yang mengedepankan perjalanan lebih tenang, aman, dan menyenangkan. Tentu saja tanpa meninggalkan sisi keamanan, Bridgestone Turanza T005A mampu menyuguhkan performa terbaik di jalan kering apalagi di jalan yang basah.
Jadi, apapun pilihan bannya, pastikan memilih ban berkualitas unggul yang dapat menjamin keselamatan serta kenyamanan sehari-hari saat Anda berkendara ya.

(akn/ega)