5 Tips Merawat Velg Mobil Supaya Tidak Penyok atau Peyang

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Kamis, 01 Apr 2021 07:44 WIB
Velg JDM dari HSR
Tips merawat velg mobul supaya tidak rusak (dok. HSR)
Jakarta -

Bicara velg mobil lebih dari sekadar bagian tak terpisahkan dari mobil. Velg juga menambah level 'kegantengan' kendaraan kesayangan kita. Supaya velg mobil tidak penyok atau peyang, bagaimana cara merawatnya?

Pemilik mobil harus hati-hati jika berkendara di kondisi jalan yang berlubang. Jika kita tidak waspada, ban mobil bisa saja membentur dengan kencang hingga menyebabkan velg menjadi penyok dan rusak.

Apabila sudah penyok velg jadi tidak nyaman dipandang, bahkan bila didiamkan dapat merusak velg lebih parah lagi. Maka dari itu Anda perlu memperhatikan peranti yang satu ini.

Dikutip dari laman Daihatsu, ada sejumlah tips untuk Anda dalam merawat velg mobil agar tetap di kondisi baik.

1. Periksa Velg Mobil Secara Rutin

Untuk merawat velg mobil agar tetap dalam kondisi baik, Anda bisa mulai dengan melakukan pengecekan setiap seminggu sekali. Periksa secara presisi ukuran velg mobil agar tidak ada yang bergeser ataupun retak.

Jika baru saja melewati lubang dengan kecepatan cukup tinggi, segera menepi ke pinggir jalan dan cek kembali velg mobil Anda. Apabila ada perubahan bentuk, ada baiknya untuk segera dibawa ke bengkel terdekat untuk mendapatkan perbaikan.

2. Bila Rusak Segera Bawa ke Bengkel

Velg pada mobil yang mengalami bengkok tentu perlu diperbaiki dengan tenaga dan keterampilan khusus. Jika masih awam dan belum yakin untuk memperbaiki secara mandiri, Anda bisa membawanya langsung ke bengkel resmi.

Nantinya velg mobil akan diperbaiki dengan menggunakan sebuah mesin pres, velg akan kembali ke bentuk semula dengan hasil yang lebih maksimal.

3. Waspada Dengan Kondisi Jalan

Faktor yang sering menyebabkan velg mobil jadi cepat rusak diakibatkan ban mobil yang menghantam jalanan berlubang dengan kecepatan tinggi. Jika memang terpaksa harus melewatinya, pelankan laju kendaraan sehingga suspensi bekerja untuk meredam benturan.

4. Cek Juga Kondisi Ban

Perhatikan juga kondisi ban pada mobil, karena faktor ini dapat mempengaruhi kondisi velg juga lho. Jika tekanan ban angin terasa berkurang, segera tambah dengan angin. Hal ini guna memberikan performa yang baik pada ban dan kondisinya terjaga dengan baik.

5. Mencuci Velg Mobil dengan Hati-hati

Saat mencuci mobil, sebisa mungkin untuk menghindari mencuci velg mobil ketika dalam suhu yang panas. Diamkan dulu sejenak sebelum mengguyurnya dengan air. Soalnya suhu panas bisa membuat velg berubah bentuk dan menimbulkan jamur.



Simak Video "Uniknya Kursi dan Meja dari Velg Motor Bekas, Tanjungpinang"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)