Kiat Bikin Harga Jual Mobil Bekas Tetap Tinggi

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Sabtu, 20 Mar 2021 11:07 WIB
Pekerja mengecek mobil yang dijual di Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua, Jakarta Utara, Jumat (17/5/2019). Manajer Pemasaran Senior WTC Mangga Dua Herjanto Kosasih menyatakan penjualan mobil bekas menjelang mudik Lebaran 1440 H meningkat 20 persen dibanding hari biasa pada bulan sebelumnya. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/foc.
Tips membuat harga mobil bekas tetap tinggi. Foto: ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Jakarta -

Menjual mobil bekas menjadi pilihan banyak konsumen di Indonesia. Alasannya beragam, salah satunya ingin mengganti mobil baru mengingat usia kepemilikan sebuah mobil di Indonesia antara tiga sampai lima tahun.

Saat akan menjual mobil bekas, para pemilik mobil berharap agar harga jualnya tak terlalu anjlok. Kondisi harga mobil bekas sebenarnya banyak faktornya. Ada beberapa hal yang harus Anda lakukan jika ingin harga jual kembali mobil Anda tetap tinggi. Mengutip situs resmi Mitsubishi Motors Indonesia, beberapa trik ini bisa membuat nilai jual kembali mobil Anda tetap tinggi, atau minimal sesuai dengan harga pasaran mobil tersebut. Apa saja?

1. Merawat eksterior mobil

Sebelum seseorang membeli mobil bekas milik Anda, mereka pasti akan melihat bagian eksteriornya dulu. Agar mobil bisa terjual dengan harga yang sesuai, maka kondisi tampilan luar mobil perlu dirawat dengan baik. Usahakan mobil lama Anda bebas dari baret, bukan bekas tabrakan, dan dalam kondisi standar. Biasanya eksterior mobil yang banyak lecetnya akan sangat mungkin menurunkan harga dan membuat orang malas untuk membelinya.

Kalau mobil yang Anda jual masih bagus, mulus dan terawat, di kalangan situs jual beli mobil bekas harganya bahkan bisa lebih tinggi hingga lima persen dari harga pasaran. Sementara mobil yang lecet-lecet bisa mengurangi harga lima hingga 10 persen. Mobil yang pernah mengalami tabrakan, biasanya harus merelakan harganya turun hingga 15 pesen dari harga pasaran.

2. Servis rutin di bengkel resmi dan pakai suku cadang asli

Pemilik mobil juga disarankan untuk melakukan perawatan rutin di bengkel resmi. Dengan melakukan perawatan rutin di bengkel resmi, maka kondisi mesin dipastikan bakal terjaga dan harga jual kembali mobil tersebut tetap tinggi.

Tentunya dengan menjaga perawatan berkala atau servis rutin mobil apalagi di bengkel resmi akan membuat mobil terawat dengan baik dengan catatan servis rutin yang lengkap. Selain itu, perawatan di bengkel remsi juga menjamin mobil selalu menggunakan suku cadang resmi yang original.

3. Usia mobil tak lebih dari 5 tahun

Sebaiknya menjual mobil bekas saat usia mobil tidak lebih dari lima tahun. Karena mobil dengan usia di bawah 5 tahun ini harga jualnya masih relatif aman, mengingat belum banyak keluar biaya untuk perbaikan besar. Nah kalau mobil dengan umur di atas lima tahun biasanya akan ada biaya untuk penggantian komponen sehingga membuat harga mobil menjadi lebih murah.

4. Jarak tempuh mobil

Selain usia mobil, faktor jarak tempuh atau kilometer mobil juga mempengaruhi harga jual kembali. Biasanya mobil dengan jarak tempuh lebih rendah meskipun usianya di atas lima tahun akan cenderung memiliki nilai jual yang sedikit lebih tinggi. Tapi ini juga disesuaikan dengan kondisi fisik mobil dan juga kondisi mesin. Bisa juga mobil dengan kilometer rendah tapi tampilannya kurang terawat maka harga jualnya pun akan lebih rendah dari mobil dengan kilometer tinggi namun tampilan dan mesinnya sangat terawat.

5. Kelengkapan surat-surat hingga buku servis

Menjual mobil bekas juga harus jelas dan lengkap surat-suratnya. Tujuannya agar mobil Anda jelas legalitasnya, bukan hasil curian atau kejahatan lainnya. Jika kelengkapan surat-surat seperti STNK, BPKB, dan juga faktur kendaraan tidak ada, maka bisa dipastikan harga mobil Anda akan jadi lebih murah dari harga pasaran.

Satu hal lagi yang dapat membuat harga mobil terjaga adalah adanya buku manual, buku servis, dan juga barang-barang standar mobil seperti peralatan P3K atau dongkrak bawaan mobil tersebut. Kalau semua kelengkapan ini tersedia bisa menjadi nilai tambah tersendiri.

Pasaran Harga Mitsubishi Xpander Bekas

Di pasar mobil bekas, Mitsubishi Xpander menjadi salah satu mobil yang banyak diincar konsumen. Berapa harga pasaran Xpander seken saat ini?

Menurut salah satu situs jual beli mobil bekas di Indonesia, harga Mitsubishi Xpander seken tahun muda masih cukup tinggi. Di pasar mobil bekas, Mitsubishi Xpander tahun 2018 masih dijual dengan harga Rp 200 jutaan.

Contoh, Mitsubishi Xpander 1.5 Ultimate AT tahun 2018 harganya mencapai Rp 222 juta. Contoh lain, Mitsubishi Xpander tipe Sport tahun 2018 dipatok Rp 219 jutaan.

Untuk mobil keluaran 2017, harga mobil seken Xpander tipe Ultimate AT tahun 2017 Rp 195 juta. Sedangkan Mitsubishi Xpander 1.5 Sport Bensin AT 2017 Rp 190 juta.



Simak Video "Mobil Jarang Dipakai, Wajibkah Ganti Oli?"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lth)