Pelajaran dari Mercy Tabrak Bocah, Atur Seatbelt Sebelum Jalan!

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Kamis, 25 Mar 2021 15:08 WIB
Ilustrasi (Seorang wanita tengah menyetir)
Sebelum melakukan perjalanan, pengemudi harus mengatur posisi duduk, memasang seatbelt dan cek spion. Foto: Garda Oto
Jakarta -

Kecelakaan nahas kembali terjadi di Jakarta. Akhir pekan kemarin, sebuah mobil mewah Mercedes-Benz menabrak bocah beserta orang tuanya di Kelapa Gading, Jakarta.

Menurut Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo, MRK saat itu sedang kekurangan konsentrasi mengemudi.

"Makanya itu masih kita dalami bahwa yang bersangkutan sedang mengatur kursi, seat belt, dan sebagainya, jadi tidak memperhatikan situasi di jalanan," ujar Sambodo di Pancoran, Jakarta Selatan, Rabu (23/3/2021).

Praktisi safety driving yang juga Senior Instructor Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana, mengatakan seharusnya pengaturan kursi hingga sabuk pengaman itu dilakukan sebelum memulai perjalanan. Sebelum mengemudi, pengendara harus melakukan pre-trip inspection atau inspeksi sebelum perjalanan. Beberapa di antaranya adalah dengan melakukan pengaturan posisi berkendara.

"Waktunya cukup satu menit. Mesin dihidupkan dan panaskan satu menit. Masa tunggu satu menit ini lakukan beberapa hal," kata Sony kepada detikcom, Kamis (25/3/2021).

Beberapa hal yang perlu dilakukan sebelum perjalanan antara lain pasang sabuk pengaman termasuk semua penumpang di dalam mobil, cek kaca spion, atur posisi duduk, dan kunci pintu.

"Barang-barang yang mudah bergerak diamankan. Rencanakan perjalanan," saran Sony.

Atur Posisi Duduk

Dalam berkendara, posisi duduk yang aman perlu diperhatikan juga. Ada tiga hal yang perlu menjadi perhatian saat mengatur posisi duduk.

"Pertama, kontrol. Tangan driver bersudut atau tidak kaku agar memiliki momen ketika bergerak refleks dan kaki pengemudi dapat menjangkau pedal-pedal, terutama pedal rem secara maksimal," ujar Sony.

Yang kedua, atur posisi duduk agar mudah komunikasi, yakni bisa melihat cluster meter (speedometer dll) dengan sempurna. Atur pula posisi duduk sehingga bisa melihat sekeliling kendaraan dengan luas maupun melalui bantuan kaca spion. "Artinya ketinggian tempat duduk disesuaikan dengan tinggi badan," katanya.

Yang ketiga adalah mengatur posisi duduk untuk kesehatan. Dia menyarankan, pastikan badan bertumpu benar agar aliran darah di dalam tubuh lancar.

"Ketika lancar, fokus dan konsentrasi terjaga. Setelah 3-4 jam badan mulai pegal, artinya itu sign (pertanda) untuk istirahat," sebutnya.



Simak Video "Mahasiswa Penabrak Bocah di Kelapa Gading Terancam 5 Tahun Bui"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)