Kamis, 15 Okt 2020 19:23 WIB

Dalam Dua Hari, Truk Muatan Hebel Kecelakaan di Jakarta, Kok Bisa?

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Pemotor Tewas Tertimpa Truk Muatan Hebel di Jalan MT Haryono Foto: Dok. istimewa. Pemotor Tewas Tertimpa Truk Muatan Hebel di Jalan MT Haryono
Jakarta -

Dua hari ini di Jakarta, terjadi kecelakaan yang melibatkan truk muatan hebel. Kecelakaan pertama terjadi di Jl. MT Haryono, Jakarta Timur, kemarin, dan hari ini terjadi di Kemayoran, Jakarta Pusat.

Kasus yang terjadi di MT Haryono, sebuah truk muatan hebel (bata ringan) terguling. Muatan truk tersebut menimpa seorang pemotor hingga tewas.

Menurut keterangan polisi, diduga ban kanan belakang truk pecah. Kemudian truk oleng ke kiri menabrak trotoar sehingga muatan hebel tumpah.

Tumpahan hebel itu menimpa pengendara motor yang saat itu tengah mendorong kendaraannya di lokasi. Pemotor itu pun mengalami luka parah hingga akhirnya meninggal dunia di RSCM.

Pagi tadi, sebuah truk bermuatan hebel mengalami kecelakaan di Jalan Letjen Suprapto, Kemayoran, Jakarta Pusat. Kecelakaan mengakibatkan sopir, Maman (19) mengalami luka-luka.

Menurut keterangan polisi, kecelakaan diakibatkan oleh sopir yang kurang konsentrasi. Truk itu menabrak pohon dan rambu jalan.

Menurut praktisi keselamatan berkendara dari Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana, masalah di Indonesia banyak truk kelebihan muatan dan dimensi yang beredar.

"Ditambah lagi, loading dan lashing-nya berdasarkan pengetahuan yang terbatas, tidak berdasarkan keselamatan," kata Sony kepada detikcom, Kamis (15/10/2020).

Sony menambahkan, ketika truk tersebut terkena lubang, pecah ban, patas as roda atau terkena angin samping pasti akan oleng.

"Karena kerja suspensi terbatas, besar kemungkinan roboh, tidak hanya muatan bahkan bisa unit truknya (terguling)," ucap Sony.

Banyak faktor yang mempengaruhi banyaknya kecelakaan truk. Namun, menurut Sony, rata-rata kecelakaan diakibatkan oleh truk yang minim perawatan dan skill pengemudi yang terbatas.



Simak Video "Truk Terguling di Depan Rumah Duka, Pelayat Berhamburan"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com