Jumat, 03 Jan 2020 07:41 WIB

Round-Up

Cara Klaim Asuransi dan Waspadai Kerusakan Mobil Akibat Banjir

Tim detikOto - detikOto
Porak Poranda Mobil Terkena Banjir Bekasi. Foto: Fathan
Jakarta - Banjir besar terjadi di Jakarta dan sekitarnya menyambut tahun 2020. Hujan yang mengguyur semalaman membuat banjir tak terhindarkan. Mobil-mobil pun turut menjadi korban bencana banjir ini.

Kalau sudah terendam banjir, pemilik mobil pasti merasa rugi karena harus memperbaiki mobil kesayangannya. Namun, kalau mobil sudah diasuransikan, maka pemilik mobil bisa lebih tenang.

Memang tak semua asuransi mobil bisa meng-cover kerusakan mobil akibat banjir. Polis asuransi standar saja tidak akan menanggung kerusakan karena banjir. Makanya, di awal pihak asuransi biasanya menawarkan perluasan asuransi yang mencakup kerusakan mobil karena bencana alam seperti banjir.



Untuk mobil yang sudah diasuransi bagaimana cara klaim perbaikan kendaraan kepada pihak asuransi? Sebelum telepon perusahaan asuransi kendaraan anda, cek dulu polis asuransi kendaraan milik detikers. Lihat apakah sudah masuk perluasan pertanggungan untuk banjir dan bencana alam? Karena biasanya untuk polis standar asuransi kendaraan bermotor, tidak memuat soal banjir ini, harus tambah premi lagi dengan adanya perluasan ini.

Kalau di polis sudah dicantumkan perluasan karena banjir, cara klaim asuransi banjir untuk mobil pun mudah. Tinggal telepon perusahaan asuransi, dan kalau bisa foto kendaraan yang terkena banjir. Tapi jangan terlalu lama lapor kendaraan kebanjirannya. Menurut polis asuransi, standarnya dalam 5 hari kerja setelah kejadian langsung lapor.



"Namun dalam kondisi saat ini masih tolerable kok. Karena kemungkinan tertanggung masih ribet dalam hal bersih-bersih rumah, recovery dan lain-lain. Lapor bisa melalui aplikasi, call atau sosmed," ujar Senior VP Communication dan Service Management Garda Oto, Laurentius Iwan Pranoto saat dihubungi detikcom, Kamis (2/1/2020).

Usahakan pemilik mobil mendokumentasikan kendaraan yang terkena banjir. "Foto kondisi sebelum dievakuasi tentunya akan sangat membantu pihak asuransi. Tinggal jepret pakai HP saja kan, kelihatan nomor pelat dan kondisi saat kerendam dan habis terendam," ujarnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4 5 6


Simak Video "Banjir Nyaris 1 Meter di Kopo Bandung, Sejumlah Motor Mogok"
[Gambas:Video 20detik]
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com