ADVERTISEMENT

Penanganan Jika Mobil Terendam Banjir

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Rabu, 01 Jan 2020 10:34 WIB
Foto: Titik banjir di Bekasi (ist,)
Jakarta - Hujan masih terus mengguyur wilayah Jakarta dan sekitarnya. Akibatnya, banjir melanda beberapa wilayah di Jakarta dan sekitarnya.

Banjir ini membuat pemilik kendaraan khawatir. Soalnya, banjir bisa menyebabkan kendaraan mengalami kerusakan. Agar tak berdampak besar, ada beberapa tips untuk pemilik kendaraan yang mobilnya terendam banjir. Dikutip dari laman resmi Auto2000, yang paling penting jangan langsung menyalakan mobil yang terendam banjir. Sebab, jika dipaksa menyala maka kemungkinan besar akan terjadi korslet pada bagian kelistrikan.



Pemilik kendaraan juga disarankan untuk melepaskan kabel aki untuk mencegah terjadinya korsleting. Ketika banjir telah surut dan kemudian ingin memindahkan mobil, maka pindahkanlah dengan cara mendorongnya dan jangan sesekali menyalakan mesin mobil terlebih dahulu.

Selain itu, salah satu kasus yang sering terjadi adalah rem tangan macet. Gejalanya, ketika rem tangan dibebaskan ternyata roda masih terjepit. Mobil pun sulit bergerak. Jika kendaraan dipaksa untuk maju maupun mundur, roda terasa sangat berat.



Untuk itu, pemilik mobil yang terendam banjir disarankan untuk bebaskan tuas rem tangan. Pada umumnya, rem tangan lengket terjadi karena ada air masuk ke permukaan tromol. Baik karena melibas genangan maupun karena kendaraan terendam banjir.



Efek air masuk ini makin buruk jika kendaraan langsung diparkir dan rem tangan diaktifkan. Sebab, sepatu rem yang mengering dalam keadaan aktif (menjepit), biasanya akan tetap menempel dengan tromol (lengket). Inilah yang memicu ban macet meskipun rem tangan dibebaskan.

Untuk menghindari kasus seperti ini, sebaiknya jika hendak parkir dalam waktu berhari-hari, pastikan permukaan rem kering. Atau jika tidak memungkinkan, jangan menggunakan rem tangan. Cukup dengan memarkir mobil dalam kondisi gigi persneleng masuk gigi. Atau, pada mobil matik cukup dengan memposisikan persneling ke P.

Simak Video "Masih Terendam Banjir, Begini Penampakan Perumahan Ciledug Indah Tangerang"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/ddn)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT