ADVERTISEMENT
Kamis, 01 Agu 2019 08:21 WIB

Nggak Ada Untungnya Isi BBM Sambil Goyang-goyang Mobil

Rizki Pratama - detikOto
Ilustrasi isi BBM. Foto: Ridwan Arifin Ilustrasi isi BBM. Foto: Ridwan Arifin
Jakarta - Masih ditemukan beberapa pemilik kendaraan percaya bahwa menggoyangkan kendaraan saat mengisi BBM akan memberikan dampak baik pada kendaraannya. Salah satu tujuannya adalah supaya tidak ada udara yang terperangkap dan BBM terisi maksimal.

Mitos tersebut tidaklah benar. Secara logika BBM memiliki sifat air yang mengisi setiap celah dalam tangki. Anda pun tidak perlu takut rugi jika karena indikator pengisian BBM sudah menunjukan kapasitas tangki anda. Jadi tidak mungkin ada perbedaan.


"Nggak ada pengaruhnya karena cairan sifatnya mengisi ruang yang kosong. Misal isi Rp 20 ribu ya yang keluar dalam hitungan liter sudah tertakar," ujar Instruktur Rifat Driver Labs, Andry Berlianto saat dihubungi detikcom, Rabu (31/7/2019).

Dengan demikian tentunya tidak perlu lagi anda menggoyangkan kendaraan saat melakukan pengisian bahan bakar. Cukup biarkan kendaraan diisi tenang dan biarkan petugas pengisi melakukan tugasnya.

Koordinator Eksekutif Technical Service Astra Daihatsu Motor Anjar Rosadi juga sempat memaparkan mengenai udara yang terperangkap jika tidak digoyangkan. Ia membantah mitos tersebut dengan menjelaskan bahwa bahan bakar kendaraan memiliki sistem pernapasan.


"Karena dalam bahan bakar sendiri itu ada sistem pernapasan. Yang artinya, ketika bensin diisi, kalau ada udara terjebak di bawahnya dia akan keluar dengan sendirinya tanpa perlu digoyang," terang Anjar.

Salah satu SPBU di Kupang, NTT juga telah menyampaikan himbauan ini yang bahkan mengatakan menggoyangkan kendaraan saat pengisian dapat menyebabkan kebakaran. Terkait hal tersebut detikcom masih menunggu konfirmasi dari Pertamina terkait resiko kebakaran dari menggoyangkan kendaraan saat pengisian BBM.

Simak Video "B30 Bisa Bikin Negara Hemat Rp 70 Triliun"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com