Rabu, 19 Jun 2019 09:39 WIB

Coba Deh Nyetir Kayak Gini Biar Bensin Nggak Boros

Dina Rayanti - detikOto
Ilustrasi pengisian bensin. Foto: Ridwan Arifin Ilustrasi pengisian bensin. Foto: Ridwan Arifin
Jakarta - Borosnya pemakaian bensin tak sepenuhnya salah kendaraan. Padahal ada juga beberapa faktor yang dari pengendara itu sendiri yang membuat kendaraan Anda justru cepat habis bahan bakarnya. Setidaknya agar lebih hemat bahan bakar, para pengemudi bisa mengubah kebiasaan berkendara.

Di Inggris bahkan pengendara bisa hemat hingga 230 poundsterling atau setara Rp 4,1 jutaan untuk bensin per tahun karena mengubah perilaku berkendaranya.


Memang cara berkendara seperti apa sih yang bisa membuat konsumsi bahan bakar kendaraan lebih hemat?

Dalam situs This is Money, Rabu (19/6/2019) diungkap beberapa cara yang bisa membantu mengurangi biaya pengisian bahan bakar dengan perilaku yang benar. Hal pertama yang bisa detikers coba adalah mengemudikan mobil dalam kecepatan konstan. Dalam risetnya, This is Money menyebut mengemudikan mobil dengan kecepatan konstan bisa menghemat 20 persen penggunaan bahan bakar dibandingkan berkendara secara 'gas-rem'.

Kecepatan mobil pun perlu diperhatikan. Setidaknya mengemudi 16 km/jam di bawah batas kecepatan bisa menghemat konsumsi bahan bakar hingga 25 persen. Misalkan aturan batas kecepatan di suatu jalan 80 km/jam, detikers setidaknya bisa mengemudi 64 km/jam agar bahan bakar tak terbuang sia-sia.

Apabila mobil masih mengusung transmisi manual, ada baiknya untuk menyesuaikan kecepatan kendaraan dengan gigi. Selain bisa menghemat penggunaan bensin, cara ini juga bisa mengurangi risiko kerusakan mesin.


Jangan lupa untuk mengecek tekanan ban. Mengemudi dengan tekanan ban sesuai anjuran pabrikan bisa turut berkontribusi terhadap penghematan bahan bakar. Kemudian, keluarkan barang-barang yang tidak perlu dari dalam mobil.

Terakhir, detikers bisa mencari rute terbaik sebelum berkendara. Carilah jalan terbaik ke tempat tujuan agar tak banyak terjebak macet sehingga membuang-buang bahan bakar sebelum bepergian.

Selamat mencoba ya detikers!



Tonton juga video Awas Pecah Ban Samping Gara-gara Solar!"

[Gambas:Video 20detik]

(dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com