Sabtu, 09 Jun 2018 17:07 WIB

Waspadai Pengguna Jalan Seperti Ini Saat Mudik

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Arus lalin jalur mudik di Ajibarang, Banyumas. Foto: Arbi Anugrah/detikcom Arus lalin jalur mudik di Ajibarang, Banyumas. Foto: Arbi Anugrah/detikcom
Jakarta - Membawa kendaraan sendiri menjadi pilihan banyak pemudik. Pemudik yang mengendarai mobil pribadi disarankan untuk tetap waspada, terutama di jalan-jalan yang ramai.

Director Training Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana, menyoroti kebiasaan warga di beberapa daerah, terutama yang berada di jalan provinsi. Menurut Sony, banyak warga di daerah yang menganggap jalan provinsi yang besar bukan sebagai jalan raya.



"Mereka malah anggap jalan itu lingkungannya mereka. Karena kota mereka kan kecil jadi menganggap jalan raya itu sebagai lingkungan mereka," kata Sony.

Alhasil, banyak pengendara yang kurang hati-hati di sana. Ada pemotor yang tidak pakai helm, ada yang naik motor bonceng lebih dari satu orang penumpang, ada pula yang berjalan pelan tapi di kanan. Pengguna jalan seperti itu yang harus diperhatikan pemudik.



"Menyikapinya, otomatis kita harus komunikasi. Misalnya kalau malam kita kedipkan lampu dim, atau klakson kalau siang. Yang penting jaga jarak, jaga kecepatan, waspada," sebut Sony. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed