Cerita 'Babang Tamvan' Andika Terima Kontrak Pertama, Langsung Beli Honda Jazz

Tim detikcom - detikOto
Rabu, 02 Mar 2022 12:42 WIB
Andika Mahesa saat ditemui di kawasan Trans TV.
Andika Mahesa vokalis Kangen Band. Foto: Palevi S/detikFoto
Jakarta -

Andika Mahesa terkenal dengan genre musik pop melayu yang dibawakannya bersama Kangen Band. Musisi yang kini lebih dikenal dengan julukan 'Babang Tamvan' tersebut cerita mengenai upah pertamanya yang diterima saat bergabung dengan label rekaman. Andika mengaku mendapatkan jatah uang Rp 400 juta yang langsung digunakan untuk membeli rumah dan mobil Honda Jazz.

Andika Kangen Band bercerita panjang lebar mengenai karier musiknya di kanal YouTube Vindes (Vincent-Desta). Dalam video yang diunggah pada 1 Maret 2022 itu Andika menceritakan pengalaman pertamanya saat bergabung dengan label rekaman dan menerima uang dalam jumlah besar untuk pertama kali dalam hidupnya.

Awalnya Desta menanyakan perihal penghasilan terbesar pertama Andika. Lalu Andika menjawab penghasilan pertamanya diperoleh setelah manggung di bawah label musik. Ia pun tidak menyangka akan mendapatkan nominal uang sebesar itu.

"Dari pas udah di label sih. Pas keluar manggung, tiba-tiba nerima royalti nerima dari duit panggung, kaget lah. Wah, ini 'bungkus gorengan' gede amat. Kayak, perasaan gua pada saat itu masih dusun ya, maksudnya gua biasa ngeliat kayak bungkusan kado itu (isinya) bukan duit. Kayak acara 17 Agustus, juara dapat hadiah. (Jadi) tiba-tiba ngobrol Pak Yusak, gitu, inget bener. Dipanggil, diri, 'kalian sudah siap tanda tangan?' siap, namanya kita polos, nggak tau apa-apa. Abis kita tanda tangan kita nggak tau kita nggak tau nominalnya. Nggak (baca kontraknya) sama sekali," kata Andika.

"Akhirnya setelah kita tanda tangan, dikasihlah itu kado satu-satu, dipegang masing-masing. Masih duduk segala macem, pikir gua (isinya) buka apa sabun gitu kan hadiahnya. Begitu kita sobek, duit, wah nangis di situ kita orang. 6 orang itu nangis semua. Sujud, Ya Allah banyak banget ini duit," sambung Andika.

Andika mengatakan bahwa saat itu dirinya menerima uang sekitar Rp 400 juta. "Gua nerimanya saat itu sekitar Rp 400 juta, tiga ratus sembilan berapa gitu. Kalau Dodhy lebih besar dari gua (karena pencipta lagu). Jadi Dodhy lebih besar dari gua, temen-temen di bawah gua. Yang paling besar gua sama Dodhy," jelas Andika.

Mendapatkan uang dalam jumlah besar, Andika pun langsung menggunakannya untuk membeli hunian dan kendaraan. "Gua beli mobil Jazz pada saat itu, Jazz barunya lah 2005. Gua beli mobil Jazz, terus gua beli rumah, terus sebagian buat biaya hidup," ujarnya lagi.

Membahas soal Honda Jazz, mobil ini merupakan salah satu raja hatchback di Indonesia. Honda Jazz masuk ke Indonesia pada tahun 2003 dan diimpor langsung secara utuh dari Thailand. Honda Jazz resmi disuntik mati di Indonesia pada tahun 2021 lalu. Mobil yang lekat dengan citra anak muda ini digantikan posisinya oleh Honda City Hatchback RS.

[Gambas:Youtube]





Simak Video "Tak Terima Diparodikan, Andika Kangen Band Somasi Tri Suaka dan Zidan"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)