Eran Vintage, Kolektor Motor Klasik yang Punya Motor Inggris Langka di Indonesia

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Kamis, 23 Des 2021 11:31 WIB
Koleksi motor klasik Eran Vintage
Koleksi motor klasik Eran Vintage Foto: Muhammad Hafizh Gemilang
Jakarta -

Motor-motor kelahiran tahun 50-an atau 60-an kini menjadi motor antik yang langka. Tak heran sejumlah kolektor rela merogoh kocek puluhan hingga ratusan juta untuk memiliki motor langka ini. Salah satu kolektor motor antik yang bermarkas di Jakarta Timur, Eran Vintage, terpantau punya beberapa motor antik yang sangat langka peredarannya di Indonesia.

"Kesibukannya hari-hari berladang sama main motor-motor tua lah," buka Eran saat berbincang detikOto di depan Vespa VL2 tahun 1956 yang selalu dipakainya setiap hari.

Eran merupakan seorang kolektor motor klasik, mobil klasik, hingga jam. Saat disambangi ke garasinya, terlihat jejeran motor klasik yang rata-rata buatan tahun 50-an.

"Yang bikin gua jatuh cinta sama otomotif ini, memang sudah dari kecil ya. Karena gua sudah terbiasa sehari-hari liat bokap (ayah) main mobil tua. Sampai sekarang akhirnya, terinspirasi sama bokap," papar Eran dengan dialek Batak-Melayu khas gaya bicara orang Kota Medan.

Vespa VL2 tahun 1956 milik Eran VintageVespa VL2 tahun 1956 milik Eran Vintage Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

"Pertama kali gua koleksi itu, yang berbobot yah, ya ini si Vespa VL2 tahun 1956 ini dan motornya masih ada sampai sekarang," paparnya.

Saat detikOto berkunjung, terlihat di garasi rumahnya hanya ada empat motor klasik dari berbagai jenis, ada yang skuter, motor naked, hingga motor bebek. Namun beberapa koleksi lainnya sedang tak ada di lokasi.

"Total ya ini 'si Blorok' Vespa VL2 tahun 1956, Vespa Douglas Rod tahun 1950 original cat, Harley-Davidson Topper, Harley-Davidson RL tahun 1934, BSA Gold Star Clubman tahun 1955, sama ada beberapa lagi lah," papar Eran.

Salah satu motor yang langka dan diklaim hanya ada satu di Indonesia ada di garasi kediaman Eran. Motor tersebut adalah BSA Beagle lansiran tahun 1964.

"Kalau BSA Beagle tahun 1964 ini salah satu motor yang langka yah. Di Indonesia yang gue tau baru ini. Nggak tau yah kalau yang lain punya atau enggak, tapi yang gua tahu BSA Beagle satu-satunya ini yang muncul di Indonesia. Dia ini 75 cc empat tak" papar Eran.

Namun motor kecintaan Eran dan sangat kuat energinya adalah Vespa VL2 tahun 1956 yang bodinya sudah didominasi oleh karat yang bersejarah. Menariknya, motor ini sempat ditawar orang dengan harga Rp 500 juta. Namun saking sentimentalnya Vespa ini, Eran enggan melepasnya.

"Si Blorok ini adalah Vespa VL2 tahun 1956. Ini gua dapat kurang lebih sekitar 11 tahun (2011) lah," buka Eran menjelaskan Vespa kesayangannya.

"Ini jadi moda transportasi gua sehari-hari. Gua mau ketemu orang, mau meeting, mau kemana pun gue pakai si Blorok dan gua kalau touring jauh udah sampai Surabaya dan Madura, ke Sumatera," lanjutnya.

View this post on Instagram

A post shared by Eran (@eranvintage)

Berbicara soal Vespa, Eran juga punya koleksi Vespa yang harusnya juga langka di Indonesia. Vespa ini hadir dengan embel-embel Douglas, yang berarti Vespa yang dikhususkan untuk pasar Britania Raya.

"Kalau ini Vespa Douglas Rod tahun 1950 original cat. Kalau Vespa Douglas ini pabrikan Piaggio, tapi dilisensi untuk Inggris," papar Eran.

Lalu yang juga tak kalah historis, ada BSA Gold Star Clubman tahun 1955. Saat dilihat oleh detikOto, motor ini tampil masih kinyis-kinyis dan juga mesinnya masih dalam keadaan sehat, lengkap dengan seluruh part yang bisa dioperasikan.

"Ini BSA Gold Star Clubman tahun 1955. Gua dulu dapatnya di Museum Sentul. Karena dulu pas dapat bekas museum, jadi gue hanya overhaul semua mesinnya tapi nggak ada yang diubah sih. Tinggal ganti oli, kurang tangki, ganti aki, udah normal," papar Eran.

Harley-Davidson Topper 60anEran bersama Harley-Davidson Topper Foto: Instagram @eranvintage

Sayang saat detikOto datang ke garasinya, Eran baru saja menjual Harley Davidson Topper lansiran tahun 60-annya. Motor tersebut merupakan Harley-Davidson yang pas untuk harian, sebab model skutik.

"Selama ini kita kenal Harley-Davidson kan motor laki dan cc besar. Ternyata tahun 60-an Harley-Davidson juga memproduksi skuter matic. Tipenya Topper 165 cc. tapi kemarin sudah terjual," tutup Eran.



Simak Video "Punya 175 unit Motor Klasik! Ini Sosok Pemilik Galeri Motor Jadoel"
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/lth)