Klasik Tapi Elektrik! Nissan Bluebird 80-an 'Dicangkok' Pakai Jantung Nissan Leaf

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Jumat, 17 Des 2021 09:43 WIB
Konversi Nissan Bluebird Electric Newbird
Wujud Nissan Bluebird yang disetrum menjadi Nissan Newbird Foto: Nissan UK / David Shepherd
Jakarta -

Pencinta otomotif lama pasti tahu soal sedan klasik Nissan Bluebird yang eksis pada era 80-an. Apa jadinya jika mobil klasik ini dikonversi menjadi mobil listrik murni dengan jantung Nissan Leaf?

Nissan Britania Raya menjawabnya dengan sebuah proyek yang dinamakan 'Newbird'. Ini merupakan proyek untuk memperingati 35 tahun Nissan memproduksi kendaraan di Sunderland plant. Mereka menanamkan baterai serta motor listrik dari Nissan Leaf ke balik bodi kekar Nissan Bluebird era 80-an.

"Nissan telah menugaskan konversi listrik 100% dari Nissan Bluebird, mobil pertama dari jalur produksi (Nissan Sunderland plant) pada tahun 1986," tulis Nissan Britania Raya pada konten Twitter yang mereka unggah pada Kamis (06/12/21).

Konversi Nissan Bluebird Electric NewbirdKonversi Nissan Bluebird Electric Newbird Foto: Nissan UK / David Shepherd

"Proyek ini disebut 'Newbird'. Mobil (Nissan Bluebird) ini ditenagai oleh penggerak listrik LEAF," lanjut Nissan Britania Raya.

Dilansir dari Top Gear, proyek konversi mobil listrik ini mereka lakukan bersama Kinghorn Electric Vehicles yang berpengalaman dalam melakukan konversi dan menanamkan baterai di mobil tua. Mereka menyematkan baterai berkapasitas 40kWh di dasar Nissan Bluebird tua ini.

Menariknya, lubang pengecasan di Bluebird elektrik ini terletak di tutup tangki bensin yang sama dengan aslinya. Sehingga rasa berkendaranya masih tetap sentimental bak menggunakan mobil bensin.

Nissan juga memberi sentuhan pada area instumen klusternya. Dimana indikator bensin kini berubah menjadi indikator baterai. Selain itu, seluruh perangkat di mobil ini pun disetrum, seperti pengereman, power steering, fitur penghangat, sampai suspensi.

Konversi Nissan Bluebird Electric NewbirdKonversi Nissan Bluebird Electric Newbird Foto: Nissan UK / David Shepherd

Nissan mengklaim Bluebird konversi ini dapat berakselerasi dari 0 hingga 100 km/jam dalam waktu kurang dari 15 detik. Lalu untuk urusan jarak tempuhnya, dengan baterai full 40 kWh, mobil ini dapat melaju hingga 209 km jauhnya.

"Mengubah kendaraan tua menjadi listrik, tak hanya membuat Anda dapat menggunakan mobil vintage yang ikonik ini untuk penggunaan sehari-hari, tetapi juga menyenangkan untuk dikendarai, lebih andal, dan yang terpenting tidak menghasilkan emisi berbahaya saat mengemudi," papar penggawa Kinghorn Electric Vehicles, George Kinghorn.



Simak Video "Apa Jadinya Kalau Sedan Klasik Nissan Bluebird Disetrum Menjadi Mobil Listrik?"
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/rgr)