Cerita Firenze Akello, Drifter Termuda Indonesia yang Umurnya Baru 11 Tahun

M Luthfi Andika - detikOto
Rabu, 29 Sep 2021 11:56 WIB
Jakarta -

Di saat anak-anak berusia 11 tahun banyak yang menyibukkan diri dengan video game, tidak dengan Firenze Akello. Bocah kelahiran Bandung Jawa Barat ini lebih memilih 'menghabiskan' ban mobil, memanaskannya hingga mengeluarkan suara berdecit di atas aspal, mengeluarkan asap mengepul, yang berakhir dengan membuat mobil menari.

"Halo nama saya Firo, dan saya ingin menjadi drifter profesional," ungkap Firo saat pertama kali berjumpa detikOto, beberapa waktu lalu.

Dengan usia yang baru 11 tahun, rasanya Firenze Akello layak dinobatkan sebagai drifter termuda di Indonesia. Meski masih sangat muda, dia punya mimpi besar menjadi seorang drifter profesional dan membawa harum nama Indonesia di pentas dunia.

Memiliki cita-cita besar untuk menjadi seorang drifter profesional tidak lahir begitu saja. Keinginan tersebut banyak dipengaruhi ayahnya yang juga hobi balap. Sering menghadiri acara-acara otomotif membuat Firo, panggilan akrab Firenze Akello, semakin yakin untuk bisa menjadi drifter profesional.

"Sebelumnya saya juga suka bermain drift mesin, selain itu dari kecil saya memang suka mobil. Karena saat Papa balap suka saya selalu ikut, saya jadi suka drift dan ingin menjadi drift profesional," ucap Firo, yang kini terdaftar sebagai siswa kelas 6 SD Pilar Indonesia, Ciangsana, Bekasi.

Drifter muda 11 tahun Firenze Akello (Firo)Drifter muda 11 tahun Firenze Akello (Firo) Foto: Agung Pambudhy/detik.com

Meski sangat menggemari drifting, bukan berarti Firo melupakan sekolah dan kewajibannya menuntut ilmu.

"Saya pernah bilang tidak suka mobil drift dan lebih menyukai mobil offroad untuk bertualang. Tapi ternyata waktu itu (offroad) ternyata kotor karena berlumpur semua. Jadi sekarang sukanya nge-drift. Selain itu drift itu tidak mengganggu sekolah, palingan cuma pegal-pegal kalau abis drift, tapi tidak mengganggu belajar," Firo menambahkan.

Kegigihan Firo untuk menjadi drifter profesional bukan saja dapat dukungan dari keluarga dan orang-orang terdekat. Buktinya saat ini dia sudah mendapat beberapa sponsor. Beberapa di antranya adalah seperti Warung Abu Thoriq, Pasaraya, Tulodo88, Sultan Cuan, Greatindo Parking, Sentrypark, Big Bike Community, MV Agusta Indonesia, Speedtuner, Luctor, Sederhana SA, Prambors FM, Autokids dan Gardenspeed.

Drifter muda 11 tahun Firenze Akello (Firo)Drifter muda 11 tahun Firenze Akello (Firo) Foto: Agung Pambudhy/detik.com

Saat ini Firo mengendarai mobil modifikasi Nissan Cefiro yang dikhususkan untuk drift dan masuk dalam HTJRT X Mechanic Guys Drift Team. Berbagai perubahan modifikasi dilakukan untuk menunjang Firo beraksi, berikut spesifikasinya:

Built & Tuned by: Garden Speed

- RB25DET Engine
- CP Pistons,
- BC Connecting Rods
- ACL Bearings
- Tomei Camshaft
- BorgWarner EFR Twin Scroll Turbo
- TiAL Wastegate,
- Custom Manifold by Inspiration Motorsport
- Autobahn Intercooler
- Tomei Injectors
- Walbro Fuelpump
- JAZ Fuel Tank


- NX Fast And Furious Nitrous System
- Microtech LT12s ECU
- GReddy Profec B Boost Controller
- NOS WOT/RPM Activated Window Switch
- OS Giken Twin Plate Clutch Kit
- OEM Nissan Skyline GT-R 2-way LSD Rota Wheels 18×10 Rims with Accelera 651 Tires
- Tein Super Drift Coilover Suspension
- Driftworks Knuckles & Arms
- D-MAX Body Kit
- J's Racing Carbon GT Wing
- Custom Diffuser, S3 Stoplights
- 6-point Custom Roll Bar
- BRIDE Zeta III Bucket Seats
- Securon Seat Belts
- Sparco Steering Wheel
- GReddy Grex Gear Knob
- Stewart
- Warner Tachometer
- Autometer Carbon Gauges

(lth/din)