Duh! Emak-emak Kena Tilang Ogah Turun dari Motor

Ridwan Arifin - detikOto
Senin, 27 Sep 2021 18:08 WIB
Viral emak-emak ogah ditilang tetap nangkring di atas motor
Viral emak-emak ogah ditilang tetap nangkring di atas motor Foto: Instagram Sandiputra2012
Musi Banyuasin -

Video emak-emak yang enggan turun dari motor tengah ramai diperbincangkan warganet. Sebab, emak-emak tersebut tetap nangkring di atas motor meski petugas kepolisian sedang mendorong motor bebek Yamaha Jupiter Z tersebut.

Mulanya dalam video tersebut terlihat seorang petugas Satlantas Polres Musi Banyuasin mendorong motor. Menariknya, seorang emak-emak tetap berada di atas motor meski petugas polisi tengah menuntun motornya.

Sejurus kemudian pengendara itu mengakui bahwa dirinya tidak menggunakan helm dan lupa membawa kelengkapan surat-surat berkendara.

"Orang minta waktu gak dikasih waktu, apa itu adil, kan gak adil itu," suara pelanggar dalam rekaman video tersebut.

"Kita sudah bersedia ditilang, cuma minta waktu ambil suratnya, khilaf kita lupa, nggak diterima, kan tak adil," jelasnya yang santai duduk di jok motor.

Peristiwa ini terjadi di depan Polres Musi Banyuasin, Sumatera Selatan. Emak-emak tersebut didapati tidak dilengkapi dokumen serta kelengkapan berkendara sesuai Undang-Undang Lalu Lintas Angkutan Jalan Nomor 22 Tahun 2009.

Kasat Lantas Polres Musi Banyuasin (Muba), AKP Sandi Putra membenarkan peristiwa tersebut terjadi di depan kantor Polres Musi Banyuasin. Pengendara motor tersebut tak ingin motornya ditahan.

"Saat strong point pagi di depan mako Polres Musi Banyuasin lewat seorang ibu dengan sepeda motor Jupiter Z tidak menggunakan helm, kemudian diberhentikan," kata Sandi saat dihubungi detikcom, Senin (27/9/2021).

Saat disetop, petugas menemukan motor tersebut tidak dilengkapi STNK, dan TNKB. Sedangkan pengendara tersebut juga tidak memiliki SIM C. Petugas kemudian membawa motor tersebut dengan cara didorong dari depan hingga ke dalam Polres Musi Banyuasin.

"Anggota melakukan tilang, karena surat-surat tidak ada kami lakukan penilangan kendaraan, saat kendaraannya mau dibawa ke mako polres ibu tersebut merebut kuncinya dan tidak mau motornya dibawa," kata dia.

Sandi mengingatkan agar pengendara selalu tertib dalam berlalu lintas demi mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. "Dan kami himbau kepada seluruh masyarakat Musi Banyuasin ayo kita tertib dalam berlalu lintas, lengkapi surat kendaraan, pakai helm dan jangan lupa protokol kesehatan," imbaunya.

[Gambas:Instagram]





Simak Video "Pemalakan-Cegat Mobil di Jalan Kerap Terjadi, Lakukan Ini untuk Antisipasi"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lth)