Gara-gara Mobil Ini, Sandiaga Uno Dapat Rekor MURI Blusukan 1.000 Titik di Jakarta

Ridwan Arifin - detikOto
Kamis, 15 Jul 2021 13:08 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama Wakil Gubernur Sandiaga Uno mengikuti Rapat Paripurnan DPRD DKI Jakarta yang beragendakan tanggapan Gubernur terkait Raperda tentang RAPBD 2018 dan Visi Misi Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta. Rabu, 15 November 2017.
Sandiaga Uno (dok. detikcom)
Jakarta -

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno baru-baru ini mengungkap mobil yang membuatnya masuk Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI). Penghargaan itu didapat kala Sandiaga Uno maju sebagai Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta dengan blusukan ke 1.000 titik.

Nah momen ini diketahui melalui unggahan akun instagram pribadinya @sandiuno. Dia berbincang bersama komedian, Marshel Widianto.

"Mas Menteri, Bapak Sandiaga Uno, abangku ini memang cocok banget jadi menteri karena Pak Sandi ini katanya pernah sempat memecahkan rekor Muri," kata Marshel dalam video tersebut.

"Pernah blusukan ke 1.000 titik di ibu kota dalam 1 tahun, benar nih pak ya?" sambung dia.

"Benar-benar Marshel," jawab Sandiaga Uno.

Pada Januari tahun 2017 lalu, Sandiaga mendapat penghargaan sebagai 'Sosialisasi Calon Kepala Daerah ke Wilayah Pemilihan secara Berkesinambungan Terlama'. Sandiaga Uno sudah blusukan ke 1.000 titik di Jakarta sejak sebelum penetapan calon. Dia kemudian mendapat penghargaan dari Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI) atas pencapaiannya tersebut.

"Itu terbukti ada dua hal dari sisi pak Sandiaga Uno, yang pertama pak Sandiaga Uno ini sangat rajin dan sangat peduli dengan Jakarta," kata Marshel.

"Yang kedua, dia itu memiliki bensin yang banyak. 1.000 titik, kalau saya jadi bapak mah bensin saya tekor Pak," sambung dia.

Merespon pernyataan bensin yang tekor, Sandiaga Uno mengatakan bahwa mobil yang digunakan saat blusukan ialah Datsun Go, yang sudah tak lagi dijual di Indonesia.

"Waktu itu pakai Datsun Go jadi hemat bro. Serius dulu pakai Datsun Go, jadi wah itu hemat banget, sehari nggak habis-habis kelilingin Jakarta bensinnya," kata Sandiaga Uno.

Mobilnya irit, namun nasib Datsun Go sudah berakhir di Indonesia. Nissan resmi menghentikan produksi mobil di Indonesia sejak Februari 2020 lalu. Pabrik Nissan di Purwakarta, Jawa Barat, tak lagi memproduksi mobil merek Datsun.

[Gambas:Instagram]





Simak Video "Momen Sandiaga Uno Dipakaikan Ikat Kepala Lambang Keagungan"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)