Sandiaga Uno Jajal Corolla Cross Hybrid: Nggak Ada Bunyinya

Ridwan Arifin - detikOto
Selasa, 11 Mei 2021 10:28 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno menjajal Toyota Corolla Cross Hybrid
Foto: Instagram @sandiuno/ Menparekraf Sandiaga Uno menjajal Toyota Corolla Cross Hybrid
Jakarta -

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno membeli mobil baru Toyota Corolla Cross Hybrid dalam ajang Indonesia Internasional Motor Show 2021. Kini ia berkesempatan menjajal mobil SUV compact bersama putra sulungnya, Sulaiman.

"Beberapa minggu yang lalu kita datang ke Indonesia Internasional Motor Show, kita coba, Sulaiman naik ke Corolla Cross Hybrid," ujar Sandiaga Uno dalam akun instagram pribadinya seperti dilihat detikcom, Selasa (11/5/2021).

Saat menjajal Corolla Cross Hybrid, Sandiaga Uno sempat mengeksplor beberapa fitur, salah satunya ialah sunroof. Selain itu ia juga menanyakan bagaimana mengetahui sistem baterai dari Corolla Cross Hybrid.

Seperti diketahui Toyota Corolla Cross Hybrid dibekali dengan panel instrumen disandingkan dengan MID 4,2 inchi. Di dalamnya ada banyak informasi yang bisa dimanfaatkan pengemudi seperti kecepatan kendaraan sampai status sistem hybrid yang tengah berjalan.

Menariknya pada panel instrumen ini tidak ada takometer yang mengukur putaran mesin (RPM). Penggantinya, ada jarum yang menunjukkan apakah mobil sedang melaju dengan kondisi Eco yang mengandalkan tenaga listrik, atau power yang menggabungkan mesin bensin dan tenaga listrik, atau sedang melakukan charging melalui sistem regenerative braking yaitu saat mobil melakukan deselerasi daya yang terbuang akan disimpan menjadi tenaga listrik ke baterai.

Status itu juga ditampilkan dalam sebuah grafis di panel instrumen sebelah kanan. Di sana ada gambar mesin dan baterai. Saat mesin menggerakkan roda dan mengisi daya ke baterai, akan ada tanda panah yang mengarah dari mesin ke roda depan dan baterai. Jika yang bekerja hanya motor listriknya, akan ada tanda panah dari baterai ke roda depan, lalu kemudian deselerasi, akan ada panah dari roda depan ke baterai yang berarti bahwa sistem hybrid mengisi daya ke baterai dari hasil pengereman.

Diketahui Corolla Cross versi hybrid menggendong mesin dengan kode 2ZR-FXE berkapasitas 1.798 cc 4-silinder DOHC berteknologi VVT-i yang sanggup menghasilkan power maksimal sebesar 98 PS dan torsi 142,1 Nm. Mesin itu dikolaborasikan dengan motor listrik yang mampu menghasilkan power maksimum sebesar 72 PS dan torsi sebesar 162,7 Nm.

Kesan pertama menyalakan mobil ini adalah heran. Sandiaga Uno heran karena tidak ada suara mesin sehingga ragu apakah mobil sudah menyala atau belum. Untuk diketahui akan muncul tulisan 'Ready' pada panel instrumen, itu artinya mobil sudah siap diajak jalan. Memang tidak ada suara mesin karena yang pertama kali bekerja adalah motor listriknya. Mesin akan menyala saat dibutuhkan.

"Gak ada bunyinya, ini nyala tapi nggak ada bunyinya, halo ada yang di dalam? Gak ada bunyinya guys, gak ada bunyinya sama sekali," tutup Sandiaga Uno di akhir videonya.

[Gambas:Instagram]





Simak Video "Siap Gelar World Superbike, Pemerintah: Semua Atlet Harus Sudah Divaksin"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/rgr)